Transjakarta Luncurkan Aplikasi TIJE Versi Baru yang Ramah Protokol Kesehatan

BusinessNews Indonesia – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) meluncurkan aplikasi #TIJEyangbaru The Next Level of Transjakarta pada hari ini, Jumat, (5/2). Ini merupakan pengembangan teknologi secara digital dari aplikasi TIJE yang sebelumnya dikenal dengan Tijeku.

Proses peluncuran aplikasi #TIJEyangbaru ini dilaksanakan di kantor pusat PT Transjakarta di Cawang, Jakarta Timur secara online. Hadir dalam acara Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Wakil Ketua DPRD Komisi B Taufik Azhar, Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Haris Muhammadun, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo, Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta Achmad Izzul Waro, Praktisi Dandung Sri Harninto serta jajaran Direksi Transjakarta.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta, Achmad Izzul Waro menyampaikan, aplikasi ini didesign secara khusus agar lebih ramah protokol kesehatan (Prokes) mengingat masa pandemi. Pasalnya dalam aplikasi ini memiliki fitur pembayaran nirsentuh QR tiket. Selain itu dilengkapi juga dengan fitur pencarian bus dan rute yang bisa diakses cukup menggunakan aplikasi. Sehingga meminimalisir interaksi yang berpotensi penyebaran virus Covid-19.

“TIJE yang baru ini hadir dengan konsep yang modern dan kekinian. Di mana kita memiliki tampilan atau homepage yang lebih simple, lebih mudah dimengerti dan lebih bermanfaat bagi seluruh pelanggan,” ujar Izzul di lokasi acara.

Baca juga: Pemerintah Optimalkan TIK dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Tidak hanya hadir dengan tampilan yang lebih fresh, aplikasi TIJE yang baru ini juga memiliki berbagai fitur yang canggih dan lebih lengkap. Berbeda dengan Tijeku yang hanya memiliki 2 (dua) fitur yakni fitur pembelian tiket dan transfer tiket, #TIJEyangbaru kini memiliki 6 (enam) fitur tambahan yang tidak kalah canggihnya.

Adapun fitur-fitur ini dihadirkan untuk menjawab semua kebutuhan masyarakat akan ketepatan informasi mulai dari rute, halte, jarak keberangkatan (headway), jadwal kedatangan bus, serta informasi terkini lainnya terkait layanan Transjakarta.

“Sebelum resmi diluncurkan, kami telah lebih dulu mendengarkan suara pelanggan yang masuk baik melalui media sosial resmi maupun call center di nomor 1500-102. Untuk menjawab itu, Transjakarta berupaya menciptakan satu aplikasi yang bisa menjawab sekaligus memberi solusi dari pertanyaan-pertanyaan pelangan tersebut” katanya.

Baca juga: Rute Baru Transjakarta Tanjung Priok – Ancol Barat (JAK 88) Mulai Beroperasi

Dengan aplikasi ini lanjut Izzul, Transjakarta mengukuhkan pentingnya service manajemen dan pengelolaannya sehingga menghadirkan layanan yang maksimal sekaligus berkesan bagi masyarakat. Di sisi lain, diharapkan turut berdampak pada segi bisnis dan pendapatan non subsidi.

“Ini adalah lompatan yang sangat besar untuk Transjakarta. Saya yakin, ke depan akan lebih banyak lagi ide-ide yang bisa kita implementasikan terkait pelayanan kepada pelanggan,” tutupnya.

Sebagai tambahan, sebelum pandemi Transjakarta tercatat telah melayani lebih dari satu juta pelanggan per hari. Namun selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini, Transjakarta rata-rata sebanyak 300 ribu perlanggan per hari. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat mengurangi interaksi sehingga bisa meminimalisir potensi penularan Covid-19, khususnya di area Transjakarta.

Keunggulan 6 (Enam) Fitur Canggih Aplikasi #Tijeyangbaru:

  1. Homepage
    Tampilan yang simpel dan menarik
  2. Tjari Rute
    Rencanakan perjalanan bersama Transjakarta, mengetahui posisi halte terdekat, pilihan rute yang dapat digunakan serta estimasi waktu perjalanan.
  3. Tjari Bus
    Semakin mudah mengetahui posisi bus serta detail armada seperti nomor body dan jenis bus.
  4. Informasi Rute
    Mengetahui informasi rute secara up to date.
  5. Informasi Halte
    Mengetahui informasi halte-halte baik yang beroperasi maupun yang sedang dalam proses renovasi dan sebagainya.
  6. Loyalti-je
    Keuntungan lebih banyak bagi pelanggan yang mendownload aplikasi TIJE dan melakukan pembayaran menggunakan QR tiket, di mana akan mendapat poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah menarik.

Di luar itu, Transjakarta tetap menghimbau masyarakat untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak. Namun jika harus ke luar rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. (rilis)

Baca juga: PT DTB Jadi Penyelenggara Sertifikat Elektronik Pertama Indonesia

Subscribe

Related articles

Kepala BKF: Kinerja Ekspor Impor Indonesia Terus Membaik

BusinessNews Indonesia - Kinerja ekspor Indonesia pada Desember 2021...

Forum G20 Dorong Pemulihan Ekonomi Global dan Nasional

BusinessNews Indonesia –G20 atau Group of Twenty yang lahir...

Gubernur BI Lantik Pemimpin Baru Kantor Pusat dan Perwakilan BI

Jakarta, BusinessNews Indonesia- Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo,...

Aktor Nicholas Saputra: Produk Kopi di Indonesia Paling Exciting

BusinessNews Indonesia –Aktor Nicholas Saputra yang senang jalan-jalan ke...

Tingkatkan Keselamatan Transportasi, Transjakarta Gelar Donor Darah Bagi Karyawan

Jakarta, BusinessNews Indonesia- Aspek keselamatan digiatkan PT Transportasi Jakarta...