Sunday, November 28, 2021
HomeBUMDPT MRT Jakarta (Perseroda) Raih Best CEO, Best COO dan Best GRC...

PT MRT Jakarta (Perseroda) Raih Best CEO, Best COO dan Best GRC dalam Ajang Penghargaan GRC Performance Exellence Award 2021

-

Jakarta, BusinessNews Indonesia– PT MRT Jakarta (Perseroda) kembali mengukir prestasi dalam penerapan GRC (Governance, Risk, dan Compliance) melalui ajang penganugerahan bergengsi GRC & Performance Exellence Award 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia.

Dalam perhelatan yang dilaksanakan Kamis (05-08-2021), MRT Jakarta menerima 3 penghargaan untuk kategori The Best Chief Executive Officer (CEO) yang diberikan kepada William P. Sabandar selaku Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) dan kategori The Best Chief Operating Officer (COO) yang diberikan kepada Muhammad Effendi selaku Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda). Selain itu, PT MRT Jakarta (Perseroda) juga berhasil meraih penghargaan korporasi untuk kategori The Best GRC For Corporate Governance 2021 (Transport Industries).

“Pandemi COVID-19 yang sedang mendera bangsa kita saat ini merupakan awal dari era disrupsi yang mendorong transformasi perusahaan. Perusahaan yang bisa bertransformasi adalah perusahaan yang akan bisa survive dan bertumbuh secara berkelanjutan.” ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar dalam sambutannya.

Bagi PT MRT Jakarta (Perseroda), tambah William, komponen utama transformasi ini ialah adanya GRC yang terintegrasi dalam mewujudkan praktek bisnis melalui I CAN; Integrity, Customer Fokus, Achievement Orientation dan Nurturing Team Work dilengkapi dengan perangkat ISO serta dukungan dari berbagai pemangku kepentingan melalui kolaborasi untuk menciptakan inovasi.

“Penghargaan ini adalah wujud dari upaya sistematis dan konsisten dari MRT Jakarta
dalam mengembangkan GRC secara terintegrasi sebagai dasar utama dalam mewujudkan visi dan misi korporasi. Transformasi bisnis yang dikembangkan MRT Jakarta, yang berfokus pada pengembangan jaringan dan regenerasi kota, hanya akan berhasil jika fundamental dan implementasi GRC kokoh. Saya mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung MRT Jakarta sehingga kami masih bisa terus berinovasi dan berkarya untuk mengukir prestasi baru sampai dengan saat ini,” lanjut ia.

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Effendy selaku Direktur Operasi dan
Pemeliharaan MRT Jakarta turut menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas penghargaan yang diterima.

“Sejak awal pandemi COVID-19 sampai dengan saat ini, MRT Jakarta telah
melakukan proses transformasi digital dalam segala aspek sebagai strategi untuk bangkit dari kondisi pandemi. Kami bersama dengan seluruh insan MRT Jakarta akan senantiasa berusaha untuk bisa memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada publik. Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan, semoga bisa menjadi penyemangat untuk kami semua di MRT Jakarta.” ungkap ia.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2021 Irnanda Laksanawan menjelaskan bahwa Pemenang GRC Award 2021 ini didasarkan pada berbagai penilaian diantaranya yaitu komitmen sebuah perusahaan dalam mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG), strategi yang dilakukan oleh para CEO dalam menghadapi krisis ekonomi global dan domestik dalam massa pandemi COVID-19, transformasi digital sebagai kunci sukses dalam penerapan GRC dalam menjalankan korporasi, dan tata kelola serta mitigasi risiko yang sudah dilakukan untuk menjadi sebuah perusahaan yang dipercaya.

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia dan Jakarta memberikan dampak besar kepada operator transportasi publik dimana jumlah rata-rata penumpang per hari mengalami penurunan secara drastis imbas adanya pemberlakuan pembatasan mobilitas masyarakat khususnya untuk pengguna transportasi umum.
Sebagai bentuk respon atas krisis global ini, PT MRT Jakarta (Perseroda) menyiapkan langkah Business Continuity Management (BCM) dan memperkenalkan Strategi “Business Beyond Normal” yang terdiri dari 3 komponen utama, yakni:

  1. Beyond Ridership,
    Strategi dalam memaksimalkan pemasukan MRT Jakarta tidak hanya berasal dari
    pendapatan tiket tetapi juga dari pendapatan non-farebox, diantaranya melalui
    layanan periklanan, retail, dan naming rights.
  2. Beyond Physical Mobility
    Strategi bisnis MRT Jakarta dalam mengembangkan aspek digitalisasi bisnis salah
    satunya dengan menghadirkan aplikasi MRT Jakarta untuk penumpang dengan
    beragam fitur di dalamnya, termasuk layanan QR-ticketing (contactless payment).
  3. Beyond Transport Network:
    Stategi pengembangan bisnis MRT Jakarta tidak hanya sebagai penyedia layanan
    transportasi namun juga sebagai City Regeneration melalui pengembangan Transitoriented Development.

Penerapan strategi Business Beyond Normal, membuat MRT Jakarta tetap mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19. Strategi ini berhasil dijalankan MRT Jakarta dengan dukungan penerapan Governance, Risk Management, and Compliance (GRC) sebagai fondasi yang kuat, MRT Jakarta senantiasa mengutamakan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku, dan dalam setiap proses pengambilan keputusan dipastikan selalu mempetimbangkan risiko dan mitigasi yang dilakukan melalui identifikasi, guna memberikan dampak terbaik bagi seluruh pemangku kepentingan.

Penerapan GRC di MRT Jakarta juga diperkuat dengan diperolehnya ISO Manajemen Terintegrasi (Sistem Manajemen Mutu 9001:2015, Sistem Manajemen Lingkungan 14001:2015, Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja 45001:2018, dan Sistem Manajemen Anti Penyuapan 37001:2016).

Demi mewujudkan layanan publik yang aman dalam situasi pandemi COVID-19 MRT Jakarta senantiasa mengedepankan Protokol “Bangkit”, (Bersih, Aman, Nyaman, Go-Green, Kolaborasi, Inovasi, dan Tata Kelola). Selain itu, MRT Jakarta terus melakukan sejumlah implementasi kebijakan terkait pemberlakuan PPKM melalui pembatasan kapasitas penumpang, penyesuaian waktu operasional, penutupan beberapa entrance gate dan stasiun serta akan senantiasa melakukan berbagai langkah adaptif dalam memenuhi komitmen perusahaan guna mendukung pemerintah dalam upaya penanggulangan pandemi agar dapat berjalan optimal.

MRT Jakarta akan senantiasa berupaya untuk terus menciptakan program-program baru dan melakukan komunikasi yang baik kepada seluruh stakeholder secara sistematis, terukur sehingga mampu memberikan dampak positif sejalan dengan nilai yang diusung MRT Jakarta yaitu untuk menyampaikan pesan perubahan gaya hidup masyarakat khususnya dalam bertransportasi serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. (rilis/EA)

Baca Juga : Tidak Hanya Fokus Penjualan Tiket, Strategi MRT Ini Justru Sukses Hadapi Pandemi

Related articles

spot_img

Latest posts