Thursday, September 23, 2021
Home BUMN Perum Bulog Raih Dua Penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2020

Perum Bulog Raih Dua Penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2020

BusinessNews Indonesia – Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau disingkat Perum Bulog meraih dua penghargaan dalam ajang Governance, Risk & Compliance (GRC) & Performance Excellence Award 2020. Acara yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia itu berlangsung di Auditorium TVRI, Jakarta, (29/07/2020) untuk tahun ke-dua dengan tema Interaction for Greater Value dengan harapan perusahaan yang mendapatkan penghargaan ini bisa lebih mengoptimalkan kembali demi kebermanfaatan yang lebih besar dan luas kepada masyarakat.

Perum Bulog mendapatkan penghargaan sebagai The Best CFO & GRC Leader 2020 yang diberikan kepada Direktut Keuangan Bulog Bapak Triyana dan penghargaan sebagai The Best GRC for Corporate Audit & Compliance 2020.

Menurut Direktur Keuangan Bulog Triyana mengatakan bahwa Bulog tidak seperti dulu, kini sistem bisnis dan kualitas produknya semakin membaik. Hal ini karena ditopang juga dari sisi penerapan GCG-nya. “Bulog kini sudah lebih modern. Dijamin tak ada lagi kasus beras kutuan, rusak, dan tak berkualitas. Sebab kita sudah menerapkan digital warehousing (pergudangan). Sehingga kondisi dan statistik pergudangan terpantau secara real time,” kata Triyana.

Adapun dari sisi inovasi digital warehousing ini, Bulog bekerjasama dengan perusahaan logistik pelat merah, PT BGR yang memang dikenal dengan digital warehousing-nya yang number one.

Untuk lebih memaksimalkan fungsi komersialnya, Perum Bulog sejak pertengahan 2019 telah meluncurkan e-commerce iPangananDotcom. Bisnis ritel melalui sistem online ini mampu menjangkau lebih luas masyarakat Indonesia. Selain itu, tentu saja penjualannya lebih cepat dan terkontrol. Misalnya, penjualan beras premium saja sejak Agustus sampe akhir tahun 2019 sudah terjual sebanyak 250 ton, atau meningkat sekitar 35 persen.

Inovasi ketiga yang sudah dilakukan Bulog adalah Digitalisasi Big Data. Mengenai implementasi ini Triyana mengatakan bahwa penyimpangan-penyimpangan yang sudah biasa dilakukan oleh karyawan itu secara otomatis distop, kalaupun masih diakali akan mudah diketahui dengan cepat.

“Mulai 2019 Perum BULOG secara bertahap terus menyempurnakan pengimplementasian ERP. Karena dengan ERP ini seluruh kegiatan Perusahaan yang ada di seluruh wilayah Indonesia dapat dimonitor secara realtime online. Selain itu juga bisa meminimalisir penyimpangan-penyimpangan yang ada di lapangan,” terangnya.

Selain itu, untuk memuluskan penerapan sistem GRC yang ada di perusahaan, Bulog secara ketat memberlakukan Kebijakan Internal seperti Peraturan Direksi (PD) dan Prosedur Operasi Standar (SOP) yang mengatur tatakelola perusahaan secara bersih dan transparan di berbagai level proses bisnis utama dan pendukung. Bahkan implementasi kebijakan itu diawasi oleh Internal Audit & Organ Dewan Pengawas (Komite Audit di bidang Kpatuhan & GCG).

Maka wajar bila Bulog meraih dua penghargaan di ajang bergengsi GRC & Performance Excellence Award 2020. Acara ini merupakan ajang apresiasi di bidang Tata Kelola Perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG), Manajemen Resiko dan Manajemen Kepatuhan yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia yang bekerjasama dengan CEO Forum, PT. Grajosa, Inofin, Digital Transformation, dan didukung secara resmi oleh OCEG (Open Compliance and Ethic Group) – USA.

Event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Tata kelola perusahaan (GCG), Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan. Karena tujuan diselenggarakannya event ini yaitu dalam rangka mendorong perusahaan agar lebih mematuhi tata kelola perusahaan yang baik secara internal maupun terhadap stakeholder-nya. Sehingga perusahaan lebih kredibel dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

GRC & Performance Excellent Award 2020 ini diikuti oleh sekitar 400 perusahaan BUMN, BUMD, dan Swasta yang menjadi nominasi. Dewan juri bersama tim penyelanggara telah menyaring, menyeleksi, mengevaluasi kinerja maupun GRC dari perusahaan-perusahaan tersebut, dan hanya sekitar 40 perusahaan yang memenuhi syarat, yang diundang untuk memberikan presentasi maupun wawancaranya. Hasilnya 28 perusahaa BUMN, BUMD maupun Swasta yang terpilih oleh dewan juri sebagai pemenang, termasuk Perum Bulog. (RB)

1 COMMENT

Comments are closed.

Most Popular