Sunday, November 28, 2021
HomeBUMNMenuju Sustainable Growth, Ini Kunci Tranformasi Human Capital PTPN III

Menuju Sustainable Growth, Ini Kunci Tranformasi Human Capital PTPN III

-

“Transformasi tiada henti untuk menuju PTPN yang berprestasi di waktu yang akan datang.” Seger Budiarjo, Direktur SDM PTPN III.

Jakarta, BusinessNews Indonesia–  Sesuai visinya sebagai perusahaan agribisnis nasional yang unggul dan berdaya saing kelas dunia, PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Holding tak henti melakukan transformasi, seiring dengan dinamisnya era saat ini yang menekankan pada digitalisasi dalam semua proses bisnis.

“Era yang sedemikian ketat di dalam industri dan juga tuntutan teknologi informasi yang harus kita hadapi menjadikan Direksi mengambil suatu keputusan. Kita menjadi operating holding, dimana sebelumnya menjadi strategic holding,” ujar Direktur SDM PTPN III Seger Budiarjo dalam Penjurian Human Capital & Performance Award 2021 secara virtual, Selasa (23/11).

Dalam paparannya, Seger mengatakan bahwa PTPN III memiliki Corporate Culture Framework yang terdiri dari 4 fokus dari program-program internalisasi AKHLAK BUMN, antara lain Pengetahuan & Keyakinan, Talenta & Ketrampilan, Role Model dan Penguatan.

“Tentu, sebagai bagian dari manajemen, kami melakukan monitoring, kemudian pengukuran yang dilakukan secara periodik, bagaimana core value AKHLAK ini dapat terimplementasikan di seluruh grup usaha kami.” ujarnya.

Seger juga menjelaskan terkait talent management system yang diimplementasikan oleh PTPN III, dimana di dalamnya terdapat, talent acquisition, talent classification, talent development, talent mobility dan talent retention.

“Kami tentu sangat concern dengan ini, meskipun 65% pegawai kami ada di kebutuhan pabrik, namun kita tetap menggunakan 9 Box ITMS’s (Integrated Talent Management System) Model antara potential employee dengan performance untuk kita ukur. Bagaimana kita memiliki source talent, lalu kita klasifikasikan, kemudian dikembangkan. Semua ini tentu agar kita memiliki tenaga kerja yang baik dan profesional.” sambungnya.

PTPN III juga memiliki berbagai program pengembangan dan pembelajaran kepemimpinan, diantaranya Plantation Leadership Development Program (PLDP), Talent Leadership Development Program dan Millennial Leader.

Penjurian Human Capital & Performance Award 2021

Plantation Leadership Development Program (PLDP) merupakan program pembelajaran berjenjang dengan fokus pada peningkatan kompetensi kepemimpinan (leadership)dan ditujukan untuk Karyawan Pimpinan yang saat ini menduduki jabatan di level jabatan BOD-1 s.d. BOD (Dukdik = Duduk dan Dididik). Program ini diharapkan dapat mewujudkan harapan Manajemen dalam upaya melakukan pemenuhan atas gap competencies terhadap tuntutan.

Baca Juga : Mega Eltra Pasok 45 Ribu Ton Pupuk ke PTPN Group

Talent Leadership Development Program merupakan program pembelajaran berjenjang dengan fokus pada peningkatan kompetensi kepemimpinan (leadership) untuk talent setingkat BOD-1 s.d BOD-3 di lingkungan PTPN Group. Design pembelajaran ini diharapkan mampu membentuk great future leaders.

Millennial Leader merupakan forum yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah talenta perempuan dan talenta millennial di PTPN Group melalui program-program
pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi karyawan tersebut.

“Selanjutnya, mengenai talent mobility, tentu kami sebagai suatu entity yang mempunyai beberapa perusahaan telah mempunyai kolose untuk me-mobilty talent antar perusahaan, karena ada beberapa kebutuhan SDM nya harus dipenuhi oleh PTPN lain,” tambahnya.

Acara Human Capital & Performance Award 2021 ini diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Indonesian Institute For Corporate Directorship (IICD), Indonesian Institute for Public Governance (IIPG), Human Capital Institute – USA, Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS) yang bertema “Accelerating Corporate Value Through Human Capital for The Next Normal’’.

Turut hadir dalam penjurian  Ir. Haryono, MSc, PhD (Associate Professor in Computer Science, School of Computer Science, Binus University), Dr. Dewi Hanggraeni, SE, MBA, CA, CACP (Deputy Chairperson of the Indonesian Risk Professional Association), Dr. Eddy Iskandar, B.Eng, MSc (Lecturer Mechanical Engineering PEDC ITB (1991-1994) dan Sofyan Rohidi, MBA (Executive Director of Forum Human Capital Indonesia (FHCI). (EA)

Baca Juga : Holding PTPN Salurkan Subsidi Bibit Tebu Ungul ke Petani

Related articles

spot_img

Latest posts