Tuesday, December 7, 2021
HomeCorporate in ActionMemukau dengan Inovasi dan GRC, SCM Raih Penghargaan Bergengsi GRC Award 2021

Memukau dengan Inovasi dan GRC, SCM Raih Penghargaan Bergengsi GRC Award 2021

-

Jakarta, BusinessNews Indonesia– Sebagai salah satu perusahaan media terbaik di Indonesia, PT Surya Citra Media Tbk (SCM) tak hentinya melakukan inovasi di tengah era disrupsi saat ini dan sukses menerapkan Governance, Risk & Compliance (GRC) dalam perusahaannya, hingga berhasil menyabet sejumlah penghargaan dalam perhelatan bergengsi GRC Award 2021 yang diselenggarakan secara hybrid oleh Majalah BusinessNews Indonesia, pada Kamis (5/8).

SCM berhasil meraih penghargaan sebagai The Best GRC for Corporate Governance 2021 in Media Industries dan The Best Leader for Corporate GRC 2021 yang diraih oleh David Suwarto selaku Direktur Perseroan SCM. Tentunya, keberhasilan kinerja dan pencapaian SCM ini didukung dengan tata kelola perusahaan yang baik serta manajemen risiko dan kepatuhan yang optimal.

“Terimakasih atas penghargaannya, ini akan memotivasi saya dan PT SCM, Tbk. untuk bisa berkarya lebih baik lagi, sekali lagi terimakasih banyak,” ujar David secara virtual pada kesempatan yang sama.

Sebelumnya, pada penjurian (8/7) lalu, disampaikan bahwa dalam implementasi tata kelola berkelanjutan, SCM memegang 5 prinsip, diantaranya, Transparansi dimana jalur komunikasi terbuka antara pemegang dan pemangku kepentingan untuk aktivitas strategis, pengembangan dan transaksi Perusahaan; Akuntabilitas meliputi tugas dan tanggung jawab divisi di perusahaan dalam kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis dengan memperhatikan kepantingan pemegang saham dan stakeholders; Tanggung Jawab yakni pemenuhan tanggung jawab sebagai pelaku usaha yang mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku dan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Kemudian prinsip Kemandirian dimana setiap unit dalam Perusahaan beroperasi independent, keputusan diambil secara objektif, bebas dari benturan kepentingan dan terjalin hubungan saling menghormati; Terakhir, Kewajaran yakni komitmen atas pemenuhan hak shareholders dan stakeholders dan dalam pemberian kesempatan sama dalam rekruitmen dan pengelolaan tanpa diskriminasi.

Sebanyak 19 Perusahaan BUMN, 4 BUMD dan 5 Swasta mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan bergengsi The Best GRC & Performance Exellence Award 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia.

Acara yang digelar dengan mengangkat tema “Role of GRC During Crisis, Recovery and Reinvention’’ itu bekerjasama dengan OCEG – USA, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), Grajosa Resources, IICD (Indonesian Institute Corporate Directorship) bertempat di SKY Ballroom JHL Solitaire Gading Serpong, Kamis malam.

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2021-08-06-at-16.44.35.jpeg

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN Nawal Nely juga menyampaikan keynote speech dimana ia mengatakan bahwa GRC menuntut perusahaan mampu menjalankan aktivitas tata kelola perusahaan dengan baik, memanajemen risiko perusahaan dan mematuhi perundang-undangan dalam perusahaan. Dengan implementasi GRC tersebut, perusahaan dapat survive dalam kondisi apapun, serta sustain untuk mengembangkan bisnisnya.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, kami mengapresiasi GRC & Performance Excellence Award 2021 yang diselenggarakan oleh majalah BusinessNews Indonesia. Terlebih acara ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan yang hasilnya bisa menjadi tolok ukur perusahaan tiap tahunnya, baik BUMN, BUMD, dan swasta. Selain itu, acara ini juga dapat men- encourage peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi.” pungkasnya.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2020 Irnanda Laksanawan menjelaskan, bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance) yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia tahun ketiga.

“Tujuan dari Award ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi,” ujar Irnanda ketika memberikan sambutan di acara tersebut yang dilaksanakan secara hybrid.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2021 dalam prosese penjurian, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan Governance, Risk and Compliance (GRC) dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional. (EA)

Baca Juga : Ciptakan Inovasi di Era Disrupsi, Ini Strategi SCM Tetap Memukau di Masa Pandemi

Related articles

spot_img

Latest posts