Sunday, November 28, 2021
HomeBUMNMakin Kompetitif dan Sukses dalam GRC, Pos Indonesia Sabet Penghargaan GRC Award...

Makin Kompetitif dan Sukses dalam GRC, Pos Indonesia Sabet Penghargaan GRC Award 2021

-

Jakarta, BusinessNews Indonesia–Sebagai salah satu perusahaan yang telah mengabdi sejak tahun 1746, PT Pos Indonesia (Persero) sukses menumbuhkan Governance, Risk and Compliance (GRC) yang mapan, hingga berhasil menyabet sejumlah penghargaan dalam perhelatan bergengsi GRC Award 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia secara hybrid, Kamis (5/8).

PT POS Indonesia berhasil menyabet penghargaan sebagai The Best GRC for Corporate Governance & Compliance 2021 in Logistics Industries, The Best Chief Financial & Risk Management Officer yang diraih oleh Endy Pattia Rahmadi Abdurrahman (Direktur Keuangan Pos Indonesia) dan The Best Chief GRC Officer yang diraih oleh Yosef Taufiq Hidayat.

Sebelumnya, pada penjurian GRC Award (24/6) lalu, disampaikan bahwa Pos Indonesia berhasil memperoleh skor 85,46 dalam assessment GCG oleh BPKP pada tahun 2020 yang dilaksanakan pada bulan Januari s.d. Maret 2021. Apabila dibandingkan dengan skor pada tahun 2018, maka mengalami peningkatan sebanyak 0,74 poin.

Selain itu, adanya disrupsi menyebabkan Pos Indonesia harus melakukan strategi dalam memitigasi risiko yang muncul. Mitigasi ini dilakukan dalam lima hal, diantaranya, Tech Mitigation, Covid-19 Mitigation, Milenials Disruption Mitigation, Time Changes But People Don’t Mitigation dan Lazy Incumbent Mitigation.

Sebanyak 19 Perusahaan BUMN, 4 BUMD dan 5 Swasta mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan bergengsi The Best GRC & Performance Exellence Award 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia.

Acara yang digelar dengan mengangkat tema “Role of GRC During Crisis, Recovery and Reinvention’’ itu bekerjasama dengan OCEG – USA, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), Grajosa Resources, IICD (Indonesian Institute Corporate Directorship) bertempat di SKY Ballroom JHL Solitaire Gading Serpong, Kamis malam.

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2021-08-06-at-16.44.35.jpeg

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN Nawal Nely juga menyampaikan keynote speech dimana ia menyebut bahwa Core Values AKHLAK yang telah diluncurkan BUMN tersebut secara eksplisit mendukung praktik Governance Risk and Compliance (GRC) yang dicetuskan oleh Open Compliance and Ethic Group (OCEG) Amerika pada tahun 2003. GRC ini merupakan kemampuan kritis yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi sekaligus mengatasi ketidakpastian dan bertindak dengan sikap integritas.

GRC is quite an important topic di Kementerian BUMN sekarang. Saya ingat pada tahun 2020 lalu Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan logo baru yang lebih modern serta meresmikan AKHLAK sebagai core values kementerian dan perusahaan. AKHLAK merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.” pungkasnya.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2020 Irnanda Laksanawan menjelaskan, bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance) yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia tahun ketiga.

“Tujuan dari Award ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi,” ujar Irnanda ketika memberikan sambutan di acara tersebut yang dilaksanakan secara hybrid.

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2021 dalam prosese penjurian, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan Governance, Risk and Compliance (GRC) dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional. (EA)

Baca Juga : Makin Kompetitif, Ini Strategi Pos Indonesia Tumbuhkan GRC di Tengah Pandemi

Related articles

spot_img

Latest posts