Sunday, March 7, 2021
Home Life Style Cina Sudah Pakai Vaksin Sinovac 5 Juta Dosis

Cina Sudah Pakai Vaksin Sinovac 5 Juta Dosis

BusinessNews Indonesia. – Media pemerintah merilis berita bahwasanya Cina sudah menggunakan Vaksin Covid-19 buatan sendiri yaitu Sinovac Biotech untuk keperluan di negara tersebut.

Global Times melaporkan, vaksinasi darurat Covid-19 sudah dimulai di beberapa kota besar di Cina dengan menggunakan vaksin produksi dalam negeri. Vaksinasi ditujukan pada kelompok-kelompok yang diprioritaskan seperti tenaga medis, pekerja transportasi, karyawan perusahaan makanan, petugas bandara, dan sektor-sektor lainnya.

Berdasarkan berita Global Times, Pemerintah Cina telah menggunakan vaksin Sinovac dan CanSino dengan jumlah besar mencapai 5 juta dosis.

Selain kedua vaksin tersebut, vaksin lain buatan Sinopharm turut digunakan dengan lebih dari 4 juta dosis. Rencananya akan ditambah lagi sebanyak 10 juta dosis. Berdasarkan pemantauan yang dilakukan, sejauh ini belum terdapat laporan mengenai efek samping serius dari vaksin buatan Sinopharm tersebut.

Baca juga: Arab Saudi Buka Penerbangan ke Doha 11 Januari Esok

Selain itu, di belahan dunia lain, Brasil mengumumkan uji klinis tahap III vaksin Sinovac menunjukkan tingkat efikasi sebesar 78 persen. Mereka menyatakan akan melakukan pembelian sebanya 100 juta dosis vaksin buatan negeri tirai bambu tersebut. Vaksin akan untuk digunakan dalam vaksinasi massal yang dimulai pada 25 Januari mendatang.

Brasil

Data uji klinis yang dilakukan di Brasil tersebut telah disampaikan pada regulator di Cina untuk ditelaah. Di tempat lain, Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia turut menunggu data dari Brasil. Data tersebut untuk melengkapi hasil uji klinis yang dilakukan di Bandung sebelum memutuskan izin untuk penggunaan massal. Dan diperkirakan awal pekan depan. Berapa negara lain yang telah memastikan akan memakai vaksin Sinovac. Diantara lain Turki, Malaysia dan Uni Emirat Arab.

Malaysia

Otoritas Malaysia menyatakan ada kemungkinan untuk tidak jadi melakukan pengadaan vaksin Corona buatan Sinovac. Hal ini bisa terjadi jika pemerintah Malaysia tidak puas dengan keamanan dan kemanjuran vaksin buatan China tersebut.

Singapura

Otoritas Singapura belum menyetujui penggunaan vaksin Sinovac, dimana, HSA akan menilai data-data tersebut begitu tiba di Singapura. Dan komite ahli COVID-19 negara itu juga akan menilai apakah vaksin itu cocok untuk digunakan di Singapura. (W/ZA)

Most Popular

Recent Comments