Sunday, November 28, 2021
HomeEconomyJerman Tertarik Investasi, Pemerintah Siapkan Kawasan Terpadu Batang

Jerman Tertarik Investasi, Pemerintah Siapkan Kawasan Terpadu Batang

-

Jakarta, BusinessNews Indonesia – Dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sehari setelah pembukaan pameran Hannover Messe 2021, Kanselir Jerman, Angela Merkel, mengungkapkan ketertarikan negaranya  untuk melakukan investasi di Indonesia.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi yang besar dan sebagai salah satu mitra penting Jerman. Terkait hal tersebut, Presiden Jokowi menjelaskan pentingnya peran investasi dalam pemulihan ekonomi, terlebih usai pandemi berlangsung. Upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam menyambut investasi, kata presiden, salah satunya adalah pengesahan UU Cipta Kerja.

“Yang akan dapat mendukung kerjasama di bidang investasi,” kata presiden, dikutip dari Republika (14/4).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi turut menawarkan kerjasama dalam pengembangan sumber daya manusia melalui sekolah vokasi dan peningkatan investasi industri khusus Jerman guna membangun basis produksi dan rantai pasok global Jerman di kawasan.

“Saya menawarkan kepada Jerman untuk mengembangkan kawasan industri khusus Jerman (German Industrial Quarter) di Kawasan Industri Terpadu Batang,” ucap Presiden.

Baca juga: Kerjasama Bilateral, Indonesia Bahas Adopsi Teknologi 5G dengan Uni Eropa

Baca juga: Indonesia Impor Bahan Pokok Penuhi Kebutuhan Ramadhan dan Lebaran

Merkel dalam kesempatan tersebut turut menyambut peran Indonesia yang kian bersinar di kancah internasional. Terlebih tahun depan Indonesia akan menjadi Ketua G-20, dan Jerman sebagai Ketua G-7.

“Diharapkan dapat dilakukan sinergi prioritas kerja dengan baik antara kedua negara,” tutur Merkel.

Untuk diketahui bahwasanya Jerman merupakan salah satu mitra terpenting Indonesia di kawasan Eropa. Kemitraan komprehensif keduanya terbangun sejak tahun 2012. Jerman menjadi mitra dagang terbesar Indonesia di Eropa, mitra investasi terbesar ke-4 di Eropa dan wisatawan Jerman merupakan yang terbesar ke-3 dari Eropa.(W/ZA)

Baca juga: Permudah Perpanjang SIM, Kapolri Luncurkan Aplikasi Online Sinar

Related articles

spot_img

Latest posts