Indonesia Tersingkir Meski Menang 5-1 Atas Myanmar

Jakarta, Businessnews.co.id Pil pahit harus ditelan tim nasional U-19 Indonesia, setelah dipastikan tersingkir dari Piala AFF U-19 2022 meski di laga pamungkas Grup A, Garuda Muda sukses menuntaskan perlawanan Myanmar 5-1.

Timnas tetap tersingkir setelah di laga lainnya, Thailand berbagi skor 1-1 dengan Vietnam, sekaligus membuat Indonesia kalah head to head dan gagal lolos ke semifinal.

Dalam laga yang berlangsung di di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022), Indonesia yang wajib memenangi pertandingan berusaha menekan sejak awal laga. Namun, Myanmar justru unggul terlebih dahulu lewat sundulan kapten La Min Htwe (7′) memanfaatkan sepak pojok.

Gol pertama timnas baru dicetak di menit ke-18 lewat Muhammad Ferarri. Setelah itu keran gol timnas mengalir dengan lancar lewat Arkhan Fikri (26′), gol kedua Ferarri (32′), Rabbani Siddiq (34′) dan Ronaldo Kwateh (73′).

Meski menang besar dan unggul dari produktivitas, faktanya timnas gagal lolos ke babak empat besar, lantaran Thailand dan Vietnam bermain imbang. Thailand unggul lebih dulu lewat Kroekphon (71′), lalu dibalas oleh Khuat Van Khang lima menit berselang.

Timnas tersingkir setelah AFF memberlakukan aturan head to head dalam menentukan posisi akhir klasemen apabila ada tim yang memiliki poin yang sama. Dalam kasus ini, baik Indonesia, Vietnam, dan Thailand sama-sama mengoleksi 11 poin, hasil 3 menang dan 2 imbang.

Namun, karena Indonesia hanya bermain imbang tanpa gol saat menghadapi Thailand dan Vietnam, sementara Thailand imbang 1-1 saat menghadapi Vietnam, maka secara head to head tim Merah Putih berada di bawah Thailand dan Vietnam, meski sebetulnya Indonesia unggul selisih gol (15).

Vietnam lolos ke semifinal berstatus juara grup karena unggul selisih gol (9) dengan Thailand (6).

Baca Juga: Rabbani Siddiq Hattrick Saat Indonesia Bekuk Filipina 5-1

Comments are closed.