Sunday, November 28, 2021
HomeBUMNIkuti GRC Award 2021, Jamkrindo Komitmen Implementasikan Tata kelola Berbasis Risiko dengan...

Ikuti GRC Award 2021, Jamkrindo Komitmen Implementasikan Tata kelola Berbasis Risiko dengan Digitalisasi Sistem

-

Jakarta, BusinessNews Indonesia– PT Jaminan Kredit Indonesia (Persero) atau Jamkrindo turut serta dalam penjurian Governance, Risk, dan Compliance (GRC) and Performance Exellence Award 2021 secara online pada Selasa (06/07), yang diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia.

Dalam penjurian ini, Jamkrindo diketahui telah banyak menerapkan nilai-nilai AKHLAK dalam setiap perjalanan binisnya, dan juga terus meningkatkan tata kelola yang baik dalam menjalankan perusahaan.

Kepala Divisi Manajemen Risiko dan Pemeringkatan UMKM, Konsultasi Manajemen (PUKM) PT Jamkrindo Ceriandri Widuri menjelaskan, bahwa visi Jamkrindo adalah menjadi pilihan utama pelaku usaha dalam layanan penjaminan untuk mendukung pertumbuhan dan pemerataan perekonomian nasional.


Kemudian, misi Jamkrindo yang konsisten meningkatkan aksesibilitas UMKM melalui penyediaan penjaminan yang inovatif, kompetitif dengan pelayanan profesional, efektif dan efisien secara berkelanjutan.


Sedangkan, sistem dan kebijakan GRC Jamkrindo yang telah digunakan dalam tata kelola perusahaan mengacu pada sejumlah kebijakan pemerintah, seperti Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor: Per-01/MBU/2011 tanggal 01 Agustus 2011 Tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) Pada BUMN.


Selain itu, terdapat pula Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor: Per-09/MBU/2012 tanggal 06 Juli 2012 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor: Per-01/MBU/2011 tanggal 1 Agustus 2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) Pada BUMN. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 3/POJK.05/2017 tanggal 11 Januari 2017 Tentang Tata Kelola Perusahaan yang Baik Bagi Lembaga Penjamin. Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor: 54/SEOJK.05/2017 tanggal 12 Oktober 2017 tentang Laporan Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik Bagi Lembaga Penjamin.

Dengan sistem dan kebijakan GRC yang diterapkan, tak heran jika Jamkrindo merupakan salah satu perusahaan yang selalu sehat.

“Tingkat kesehatan perusahaan kita selalu sehat. Dan skor penilaian GCG kita 2019-2020 memiliki predikat sangat baik, dan juga telah menerapkan Whistleblowing Syatem (WBS) juga, “jelas Ceriandri.

Sedangkan dari penerapan manajemen risiko, Jamkrindo telah menggunakan ISO 31000 tentang Manajemen Risiko, ISO 22301 tentang Business Continuity Management (BCM), ISO 37001 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). Jamkrindo juga melakukan identifikasi profil risiko PT Jamkrindo menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Risiko (SIMR), yang dilakukan setiap triwulanan.

Tak lupa pula Ceriandri juga menjelaskan tentang bagaimana Jamkrindo turut andil dalam program pemulihan ekonomi (PEN) pada kondisi Covid-19. Bagaimana UMKM dapat terus berkembang dengan memanfaatkan platform digital sebagai media promosi di berbagai platform e-commerce.


Jamkrindo juga terus berkomitmen dalam melindungi dan mempertahankan ekonomi para pelaku UMKM, khususnya pada masa pandemi. Hal ini dibuktikannya dengan beberapa layanan digital Jamkrindo untuk UMKM. Layanan ini dapat memberikan kemudahan UMKM dalam hal sumber pembiayaan.

GRC & Performance Excellence Award ini adalah kegiatan corporate rating (award) tahunan, di bidang Tata kelola perusahaan (GCG), Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan. Tujuan dari Award ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi.

Kegiatan ini juga didukung oleh para pakar dan profesional bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi konsultan GCG, Manajemen Risiko, Manajemen Kepatuhan, maupun berbagai perguruan tinggi dan yang lainnya, kesemuanya tergabung sebagai Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2021.

Adapun dewan juri yang hadir dan menilai dalam penjurian ini di antaranya: Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng (MBM), PhD. (Chairman For GRC & Performance Excellence Award 2021), Ir. Haryono Soeparno, MSc (Senior Researcher, Bioinformatics and Data Science Research Center, Research and Technology Transfer Office, Binus University), Dr. Pandu Patriadi, SE, MBA, MH (Chairman of Indonesian Multidisiplinary Doctoral Forum (FDM-I), Dr. Ir. Ashwin Sasongko, MSc (Head of ICT at National Research Council), dan Sofyan Rohidi, MM (Executive Director of Forum Human Capital Indonesia (FHCI)).(DAF)

Related articles

spot_img

Latest posts