Sunday, November 28, 2021
HomeEconomyGoogle Ungkap Penyebab Layanan Mereka Down Berjamaah

Google Ungkap Penyebab Layanan Mereka Down Berjamaah

-

BusinessNews Indonesia – Google akhirnya menerangkan penyebab layanan mereka pada Senin (14/12) sore mengalami down secara berbarengan.

Sebagai Informasi, seperti diberitakan CNBC Indonesia (15/12), bahwasanya selain YouTube dan Gmail, hampir semua layanan Google mengalami down secara bersamaan. Layanan tersebut diantaranya Google Docs termasuk Google Sheets, Google Slides, dan Google Form. Lalu Google Classroom, Google Drive, hingga Google Meets mengalami down berjamaah.

Seperti dilaporkan Guardian, Juru bicara Google menjelaskan bahwasanya penyebab YouTube hingga Gmail serta berbagai layanan Google lainnya down berjamaah karena terjadi kegagalan alat otentifikasi perusahaan. Alat tersebut yang mengatur cara pengguna masuk dalam layanan yang dijalankan baik oleh Google maupun developer pihak ketiga.

Baca juga: Anggaran Padat Karya Tunai 2021 Sebesar Rp18,42 Triliun, Ini Rinciannya…

“Hari ini pada pukul 3.47 pagi (Pacific Time), Google mengalami gangguan sistem otentifikasi selama 45 menit karena masalah kuota penyimpanan internal,” ujar Juru bicara Google, Selasa (15/12).

Juru bicara Google pun turut meminta maaf pada seluruh pengguna dan akan meninjau ulang seluruh sistem agar tak terulang kembali.

“Masalah sistem otentifikasi diselesaikan pada pukul 4.32 pagi (Pacific Time). Semua layanan sekarang dipulihkan. Kami memohon maaf kepada semua pengguna yang terpengaruh, dan kami akan melakukan peninjauan tindak lanjut secara menyeluruh untuk memastikan masalah ini tidak terulang di masa mendatang,” terangnya.

Juru Bicara Google turut menambahkan bahwa seharusnya alat internal perusahaan mengalokasikan ruang penyimpanan yang cukup ke layanan yang menangani otentifikasi namun tampaknya tugas tersebut gagal dilakukan yang membuat sistem mengalami crash dan terjadi down secara bersama-sama. (W/ZA)

Baca juga: Berpotensi Besar Penularan Covid-19, Pemprov Jabar Larang Perayaan Tahun Baru 2021

Related articles

1 COMMENT

Comments are closed.

spot_img

Latest posts