Sikunang, Jalur Termudah & Tercepat Gunung Bismo Bagi Pemula

Jakarta, BusinessNews Indonesia- Gunung Bismo merupakan sebuah gunung dengan ketinggian 2365 Mdpl. Terletak di kabupaten Wonosobo tepatnya di perbatasan Desa Campursari dan Desa Sikunang,Kecamatan Kejajar,Kabupaten Wonosobo. Ada berbagai jalur yang bisa dilalui untuk mencapai puncak Gunung Bismo, antara lain jalur silandak,jalur Ndero Duwur,jalur Pulosari dan jalur Sikunang.


Untuk pendakian Gunung Bismo Via Sikunang kalian akan menemui trek yang cukup landai. Kalian juga akan disuguhi pemandangan perbukitan yang cukup bagus,sekaligus menjumpai pepohonan dan semak-semak yang masih alami. Basecamp sikunang masih tergolong sepi, karena banyak pendaki yang melalui jalur silandak.


Jalur pendakian menuju ke puncak Gunung Bismo via Sikunang terbilang cukup mudah,pasalnya terdapat banyak petunjuk yang sangat jelas sudah tersedia di jalur pendakian. Trek awal pendakian, pendaki akan melintasi rumah-rumah warga. Selanjutnya, pendaki akan menjumpai jembatan serta kantor kepala desa, setelah itu belok kanan memasuki hutan.


Di jalur pendakian via Sikunang ini, hanya terdapat 3 pos pendakian, serta jalurnya yang tidak terlalu menanjak. Adapun untuk camp area, berada setelah pos 3. Dari camp area, pendaki akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa indah,yang mana terdapat pemandangan Gunung Sindoro, Sumbing, dan wilayah di sekitar Dieng.


Untuk mencapai puncak Gunung Bismo, pendaki akan menempuh pejalanan kurang lebih dua jam perjalanan. Namun itu tergantung fisik sekaligus mental masing-masing individu. Menariknya, jika kalian ingin lebih cepat sampai, dapat menggunakan jasa ojek menuju ke pos 2 dari basecamp.


Sebelum memutuskan untuk mendaki, ada baiknya mengetahui aturan yang berlaku. Terdapat beberapa larangan untuk pendakian Gunung Bismo, seperti dilarang membawa narkoba,boneka, dan speaker portable. Selain itu, pendaki juga tidak boleh mengenakan pakaian berwarna kuning.(ZI)

Comments are closed.