Lima Kunci Sukses Jack Ma yang Wajib Kamu Ketahui
Lima Kunci Sukses Jack Ma yang Wajib Kamu Ketahui

BusinessNews Indonesia – Nama besar Jack Ma tentu sering kita dengar. Pendiri perusahaan teknologi raksasa Alibaba ini, meski tidak tahu cara koding untuk membuat program. Namun berkat ketekunannya, perusahaannya mampu menjadi perusahaan terbesar di dunia.

Mengutip dari CNBC Indonesia, Jack Ma memilki beberpa kuci sukses yang sifatnya jangka Panjang. Dalam ulasan CNBC itu, Jack MA berbicara dengan Charlie Rose di salah satu konferensi tentang perjalanan suksesnya.

Berikut lima kunci sukses yang kuat dipegang oleh Jack MA:

  1. Orang-orang perlu mempercayai kamu

Jack MA yakin, bahwa kepercayaan orang lain pada dirinya yang menjadikan ia semakin tumbuh besar. Menurutnya, orang-orang yang mempertaruhkan segalanya, dari karyawan hingga investor. Mereka harus memercayai dirimu.

Jack Ma mengatakan kepercayaan kepadanya dan misi perusahaan adalah hal paling berharga yang bisa ia miliki.

  • Lupakan kompetisi, fokus pada pelanggan

Prinsip kedua yang dipegang Jack Ma adalah fokus pada pelanggan. Jack Ma memang tidak terlalu khawatir akan pesaingnya. Semua yang dilakukan Alibaba tergantung pada kebutuhan pelanggan. Alasannya sederhana: untuk mempertahankan dalam jangka panjang, kepuasan pelanggan harus menjadi inti dari pengambilan keputusanmu.

     3.  Memikirkan bisnis dalam istilah global

Jack Ma menyebut bahwa masa depan adalah global. Dia percaya bisnis kecil harus beroperasi secara internasional untuk bertahan dalam jangka panjang.

“Jika kamu tidak mencoba mengglobalisasi bisnismu melalui Internet, mungkin  kamu tidak akan memiliki peluang bisnis,” ungkanya.

Dia juga berpendapat, bisnis lokal hanya akan semakin kompetitif. Dia mendorong usaha kecil untuk memikirkan bagaimana mereka bisa menjual produk di seluruh dunia.

      4. Pekerjakan anak muda dan pekerjakan orang pintar

Jack Ma percaya pada kekuatan tim. Maka ia lebih memilij membangun tim yang akan bertahan lama. Dari pada hanya mengakuisisi secara pribadi. Maka, Jack MA merubah pola para timnya, yang pada umumnya para pemuda tidak diberikan kesempatan. Alibaba justru memberikan kesempatan itu.

“Ketika kita masih muda, tidak ada yang memberi kita kesempatan,” kata Jack Ma. “Sekarang, kita harus memberi orang muda kesempatan. Orang muda melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik daripada kita,” Katanya.

         5. Terus berjalan

Pesan Ma untuk parLima Kunci Sukses Jack Ma yang Wajib Kamu Ketahuia wirausaha, perusahaan harus tetap berjalan,Dia membagi pengalaman yang mencerminkan perjalanannya dengan Alibaba: Teruskan saja. Ia menyebut, ketekunan justru sangat diperlukan ke depannya. (ZA)