Menkominfo Rudiantara dalam Orasi Kebangsaan Aubade Pancasila di Balairung UGM (foto/ist)

BusinessNews Indonesia – Pemerintah  Indonesia optimistis target pertumbuhan ekonomi digital sebesar  US$ 130 miliar atau 11 persen dari GDP Indonesia pada tahun 2020 mendatang dapat terpenuhi mengingat digital secara ekonomi dapat menumbuhkan kemampuan ekonomi yang baru.

Oleh karena itu, dalam rangka memperingati hari Proklamasi Republik Indonesia ke-74 Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengajak seluruh generasi muda untuk kembali merajut persatuan dan gotong royong sebagaimana terangkum dalam Pancasila.
Lantaran itu, Menkominfo berharap para generasi muda dapat menggunakan digital secara positif, terutama untuk pertumbuhan ekonomi, bukan malah sebaliknya dimanfaatkan untuk posting-posting hal-hal negatif (hoax).
“Caranya dengan membangun ekonomi persatuan atau gotong royong dengan cara-cara digital melalui perkembangan interconnection-networking (internet),”paparnya, saat orasi kebangsaan Aubade Pancasila di halaman Balairung UGM, seperti dikutip Kumparan.com, kemarin (14/8/2019).
“Bung Karno mengatakan Pancasila berasal dari 5 sila menjadi 3 sila dan menjadi satu sila. Silanya itu adalah gotong royong,” tambah Rudiantara
Menurut Rudiantara, konsep start up atau konsep unicorn harus didorong agar lebih berkembang lagi. Sebab, start up memiliki model bisnis yang lebih dekat dengan koperasi, yaitu ekonomi berbagi atau gotong royong sebagai nilai-nilai dalam Pancasila. (spm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here