Ilustrasi Pasar Modal Indonesia raup dana Rp112,4 triliun (foto: merdeka.com/Imam Buhori)

BusinessNews Indonesia – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menngungkapkan bahwa  total penghimpunan dana melalui penawaran umum di pasar modal saat ini telah mencapai Rp112,4 triliun.

Dana tersebut berhasil dikumpulkan dari 104 penawaran umum, dengan 29 di antaranya adalah emiten saham baru. Sementara, total pengelolaan produk investasi telah mencapai Rp805 triliun, tumbuh 7,6% dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Ketua OJK Wimboh Santoso, capaian ini tentunya tak lepas dari kondisi ekonomi makro yang terjaga dan dukungan serta sinergi kebijakan yang diterapkan pemerintah.

“OJK bersama SRO dan juga kerja keras dari seluruh pemangku kepentingan di pasar modal Indonesia,” ujar Wimboh di Jakarta, Jumat, (23/8/2019), sebagaimana dikutip sindonews.com.

Wimboh mengimbuhkan OJK akan terus mencermati perkembangan ekonomi yang cenderung melambat sebagai imbas naiknya tensi perang dagang AS-Cina yang belum ada tanda-tanda akan usai. Hal itu diperkirakan masih akan membayangi perekonomian nasional, begitu juga dengan kinerja pasar modal ke depan.

“Oleh karena itu, kita membutuhan sumber pertumbuhan ekonomi baru. Di sinilah pasar modal akan didorong untuk lebih berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mendukung ekspor dan subtitusi impor, membuka lebih luas lapangan kerja, serta mewujudkan pembangunan yang ramah lingkungan,” jelasnya.

Wimboh menegaskan OJK akan terus mendorong industri pasar modal agar lebih maju. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

“Kita tidak boleh ketinggalan dalam memanfaatkan perkembangan teknologi ini agar dapat bersaing dengan negara-negara lain. Dengan teknologi, proses perizinan dan transaksi akan menjadi lebih cepat, efisien, mudah dan transparan serta jangkauan yang lebih luas. Kini teknologi telah kami manfaatkan, tidak hanya dalam proses perizinan, registrasi dan efisiensi pelaporan tetapi juga dalam proses pengawasan,” pungkasnya. (spm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here