Sunday, October 17, 2021
Home Local Government Dukung UMKM, Pemkot Bekasi Launching Program "Weekend Market"

Dukung UMKM, Pemkot Bekasi Launching Program “Weekend Market”

BusinessNews Indonesia – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, Jawa Barat, secara resmi meluncurkan Program Weekend Market sebagai upaya meningkatkan pemasaran pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), sekaligus mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional.

“Peluncuran program ini dilakukan secara daring melalui zoom meeting di platform e-commerce BliBli.com,” kata Kepala Bagian Humas pada Setda Kota Bekasi Sajekti Rubiah di Bekasi, Minggu.

Dia mengatakan program ini merupakan hasil kerja sama pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi dengan platform pemasaran daring BliBli.com dan Generasi Pesona Indonesia atau GenPi.

Sajekti menjelaskan Weekend Market adalah upaya pemasaran secara daring lewat platform BliBli.com. Peserta kegiatan ini adalah pegiat UMKM yang sudah tergabung dalam program ini, di mana di dalam forum virtual tersebut para peserta bisa memasarkan produk-produk yang mereka jual.

Selain itu peserta juga bisa saling mendukung satu sama lain sehingga pembeli semakin tertarik untuk belanja secara daring dari platform BliBli.com.

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk dukungan Pemkot Bekasi kepada pelaku UMKM dalam menghadapi pandemi COVID-19,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi Mohammad Ridwan mengatakan program ini merupakan bentuk dukungan untuk memajukan pertumbuhan ekonomi, terutama di Kota Bekasi, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai ketetapan pemerintah.

“Dengan belanja online, masyarakat dapat mendukung industri UMKM berkembang. Dengan berbelanja secara online pula masyarakat dapat mencegah penyebaran COVID-19 dengan menerapkan salah satu poin dari 5M, yaitu dengan menghindari kerumunan karena dengan bertransaksi secara online penjual dan pembeli tidak bertemu langusung,” katanya.

Baca juga: Dukung Kenyamanan Beribadah, Baznas Salurkan Paket Kebersihan Masjid

Peluncuran Program Weekend Market ini juga diisi pemaparan materi kewirausahaan oleh Indra Cahya Uno selaku pakar kewirausahaan yang membuka diskusi bertemakan trik wirausaha di masa pandemi.

Indra menjelaskan kiat-kiat pegiat UMKM yang bisa dimaksimalkan di masa pandemi COVID-19 agar usahanya tetap mampu bertahan bahkan mampu berkembang. (Ed.AS/businessnews.co.id/AN).

Most Popular