Pandemi Percepat Bussan Auto Finance Lakukan Transformasi Human Capital melalui Digital
Pandemi Percepat Bussan Auto Finance Lakukan Transformasi Human Capital melalui Digital

BusinessNews Indonesia – Bussan Auto Finance (BAF) mempercepat laju transformasi human capital saat pandemi. Transformasi tersebut dilakukan melalui media digital. Hal ini disampaikan oleh tim presentasi dari Bussan Auto Finance Selasa (27/10) dalam acara penjurian virtual Digital Marketing & Human Capital (DMHC) Award 2020.

Acara dengan dengan tema ‘’Transforming Human Capital Value through Digital Marketing’’ ini diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia yang bekerjasama dengan IMA (Indonesia Marketing Association) dan FHCI (Forum Human Capital Indonesia). Serta didukung oleh para pakar dan professional di bidang Digital Marketing, Human Capital, ICT, Riset & Inovasi, yang tergabung di dalam Dewan Juri Digital Marketing & Human Capital Awards 2020.  Selain itu. acara ini juga didukung oleh beberapa perusahaan konsultan Digital Marketing, Manajemen, dan Human Capital.

Head of Human Resources Management Steven Andri menyebut, pandemi membuat improvement yang sangat cepat di tubuh BAF.

“Terjadi pandemi merubah segala. Membuat kita melakukan improving sangat cepat”, ungkapnya.

Perihal SDM, Human Resource Associate Director dibagi menjadi dua bagian yakni Head of Human Resource Management dan Head of Learning and Development. Steven Andri juga menyampaikan prioritas strategi human resources di BAF. 

“Prioritas pertama improvement of human resources information system, yakni pemanfaatan digital teknologi untuk lebih efisien, automation, dan service quality. Kedua meningkatkan keahlian para staff untuk memiliki kompetensi, skill, responsive,” ucap Steven.

Steven Andri juga mengungkapkan road map sejak tahun 1997 sampai 2021, bahkan ke depannya.

“Kami punya roadmap digital transformation. Tahun 1997 masih manual proses, pada tahun 2019 kami sudah menerakan mobile dan cloud. Tahun 2020 ini fase automation and robot, 2021 nanti fokus visual analytics. Sementara tahun setelahnya fokus pada automation and robot extended,” terangnya.

Selama pandemi, BAF tetap berusaha untuk berkembang dengan menjalankan adaptasi work from office & home, serta memaksimalkan platform digital yang excellent.

“BAF menggunakan excellent digital platform untuk pelayanan seperti MyHRIS, moodle, Oracle, jojo time, dan Microsoft Teams. Platform digital ini bukan hanya mengembangkan staff dan customer kita, namun juga mengimplementasikan sistem dan pelayanan digital terbaik,” imbuhnya.

Dok. youtube Bussan Auto Finance

Dalam kesempatan yang sama, Head of Learning and Development Ardinan Santoso juga menjelaskan pemanfaatan teknlogi digital. MyHRIS digunakan untuk application tracking, oracle digunakan untuk coree system, JojoTimes untuk absence management, one click absence, dan afficeless. Kemudian Zoom untuk webinar, Microsoft teams untuk live event dan meeting essentials. Sedangkan moodle untuk employee onboarding dan skill trainings.

Dalam presentasinya, Ardinan menunjukkan beberapa testimoni para staff yang menggunakan digital teknologi tersebut. Salah satunya yaitu testimoni staff BAF tentang aplikasi JojoTimes.

“Aplikasi JojoTimes memudahkan tim saya dalam melakukan proses absesnsi, serta mamapu membantu saya dalam mengontrol aktivitas tim dengan memberikan lokasi CMO secara realtime,” ungkap Area Marketing Head RC Maulana Muhammad Iqbal.

Hadir dalam penjurian beberapa juri, Dr. Ir. Ashwin Sasongko, MSc (Head of ICT at National Research Council / DRN-Dewan Riset Indonesia), Dr. Dewi Hanggraeni, SE, MBA, CA, CACP. (Lecturer at Faculty of Economics and Business, University of Indonesia (FEB UI)), Sofyan Rohidi, MM (Executive Director of Forum Human Capital Indonesia (FHCI)), Ronny Liyanto, CPM (Asia) (IMA (Indonesia Marketing Association) Chapter DKI Jakarta), dan Endro Gunawan, BSc, MSc (CEO Portege Cld Teknologi).(ZA)