IHSG Melesat Usai BI Pangkas Suku Bunga Acuan
IHSG Melesat Usai BI Pangkas Suku Bunga Acuan

BusinessNews Indonesia IHSG atau indeks harga saham gabungan dibuka melemah 12,14 poin atau 0,24 persen ke level 5.132 pada pembukaan pagi ini (27/10). Level pada pembukaan pagi ini terkoreksi karena terpengaruh pelemahan saham-saham konsumer. Hingga pukul 09.05, IHSG masih terpantau turun sebesar 5,18 poin atau 0,09 persen.

Saham-saham konsumer yang memimpin pelemahan adalah saham PT HM Sampoerna Tbk. yang terkoreksi 1,74 persen. Kemudian disusul saham PT Unilever yang terkoreksi 0,63 persen. Pada perdagangan pagi ini sebanyak 67 saham menguat, 147 melemah dan 124 berada pada posisi stagnan. Tim analisis Kresna menulis dalam riset harian bahwa tekanan IHSG tertekan karena pelemahan indeks saham AS.

Dalam kesempatan sebelumnya William Surya Wijaya, Direktur PT Indosurya Bersinar Sekuritas, memaparkan bahwa menjelang libur panjang IHSG terlihat berusaha keluar dari rentang konsolidasi wajar. Menurutnya, fluktuasi nilai tukar rupiah serta harga komoditas akan mewarnai pergerakan IHSG. Selain itu, capital outflow tahunan masih akan memberikan sentimen pada pola gerak IHSG.

“Hari ini IHSG berpotensi pada zona hijau dengan range (pergerakan) 4.889 hingga 5.188,” tulis William dalam keterangan resmi (27/10).

Dalam keterangan lain, Samuel Sekuritas menilai bahwa IHSG masih akan terus berlanjut dalam bias sideways di tengah sentimen penggerak pasar. Pasar akan relatif sepi menjelang libur panjang maulid Nabi. (W/ZA)