Sunday, November 28, 2021
HomeBUMNCiptakan Culture Inovatif, BKI Targetkan Top 5 Besar Asia Pasifik!

Ciptakan Culture Inovatif, BKI Targetkan Top 5 Besar Asia Pasifik!

-

Jakarta, BusinessNews Indonesia– PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI adalah satu-satunya badan usaha yang diberi kewenangan oleh Pemerintah Indonesia untuk mengklasifikasi kapal niaga berbendera Indonesia, sebagai salah satu bentuk kegiatan pemastian dengan tujuan untuk menilai apakah kapal laik untuk berlayar.

Sebelumnya, kementrian BUMN telah membentuk Holding perusahaan jasa survei, diantaranya PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI, PT Sucofindo (Persero), dan PT Surveyor Indonesia (Persero). Pembentukan Holding tersebut diharapkan mampu menguatkan dan meningkatkan strategi bisnis dan menjadi market leader di Asia Tenggara dan menargetkan menduduki Top 5 Besar Asia Pasifik.

“Apakah Holding jasa survei ini bisa mendekat kesana (Top 5 Besar Asia Pasifik) atau menjauh, Insya Allah mendekat karena sebagai contoh, BKI sendiri sudah punya kantor cabang di Singapore. Teman-teman Sucofindo dan SI juga punya kantor cabang lebih dari satu lokasi, sehingga kita punya kemampuan secara bersama untuk mulai masuk ke pasar-pasar ini dengan menggunakan Liaison Office dan lainnya dan ini kita gunakan untuk bisa mendorong TOP 5 Asia Pasifik,” ujar Rozain Bahri Noor, Direktur Pengembangan Sumber Daya (PSD) , PT BKI (Persero) dalam Penjurian Human Capital & Performance Award 2021 secara virtual, Selasa (24/11).

PT BKI memiliki visi “Menjadi independent assurance dan badan klasifikasi berkelas dunia”. Dengan visi tersebut PT. BKI berhasil menjadi bagian dari 10% BUMN yang mampu bertahan dengan baik dalam menghadapi Pandemi Covid-19. PT BKI telah meraih pendapatan dan profitabilitas melebihi target APS, tidak ada PHK pegawai dan kesejahteraan pegawai tetap diberikan 100%.

Selain itu, PT BKI memiliki produk inovasi bisnis, diantaranya :

Marketing AR, Digitalisasi kegiatan marketing dengan menggunakan VR/AR dan penguatan brand untuk menggunakan advergaming dan Virtual reality Marketing sebagai dobrakan metode pemasaran.

Remote Survey, Aplikasi survey jarak jauh, merupakan inovasi saat keterbatasan akses disaat pandemi. Sehingga survey bisa dilakukan secara realtime tanpa mengirimkan personil ke lapangan. Cukup dengan device mobile yang dimiliki.

AUV, AUV (Unmanned Aerial Vehicle), inovasi untuk menerbangkan drone indoor mampu-tabrak yang dapat melakukan inspeksi visual dibeberapa tempat berbahasa atau susah dijangkau oleh manusia.

Penjurian Human Capital & Performance Award 2021

Dalam mengembangkan sumber daya, PT BKI memilki Framework Human Capital Strategy, yang menjadi kunci utama kebijakan Pengembangan SDM dalam peningkatan pertumbuhan Bisnis Komersial, salah satunya adalah Culture.

Direktur Utama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) dan juga selaku Ketua Organizing Committee Holding BUMN Jasa Survei mengatakan, BKI terus berusaha melakukan kegiatan yang bertjuan untuk merubah Culture BKI terutama membuat Agent of Change.

“Kita (BKI) mencoba melakukan beberapa kegiatan-kegiatan yang tujuannya adalah merubah beberapa sisi culture kita, terutama adalah mencoba membuat beberapa Agent of Change yang kita lakukan internalisasinya di setiap unit kerja yang kita harapakan mereka punya usulan-usulan baru ataupun inovasi terbaru yang dapat kita kerjakan pada saat proses pandemi,kami juga memberikan sebuah kesempatan kepada para pegawai kami untuk memberikan usulan proposal yang kami masukan pada proses inkubasi yang namanya NiCelebration,” jelas Rudiyanto.

Ajang NiCelebration dilaksanakan untuk menciptakan culture yang dapat meningkatkan curiosity & teamwork vibes untuk mendukung b­­­­­­­­­udaya inovatif dan kolaboratif dan menjadi salah satu media pegawai dalam menyalurkan ide. Beberapa output ide dari ajang Inovasi nantinya akan menjadi program kerja Perusahaan untuk ditindaklanjuti dan digunakan sesuai kebutuhan. (TN)

Related articles

spot_img

Latest posts