BPD Bali Sabet 2 Penghargaan GRC & Performance Exellence Award 2021

BusinessNews Indonesia – Dua tahun berturut-turut PT Bank Pembangunan Daerah Bali atau biasa disebut Bank BPD Bali mendapatkan penghargaan tahunan diajang bergengsi GRC & Performance Excellence Award 2021.

Kali ini Bank mencatatkan kinerja positif dengan nilai aset Rp26,8 milliar pada periode Januari – Juni 2021 atau tumbuh 6,34 persen (yoy) itu memeroleh penghargaan sebagai The Best GRC for Corporate Marketing 2021, katagori Local Banking dengan predikat bintang 5 silver.

Adapun salah satu orang yang sangat berjasa dalam mengembangkan perusahaan hingga terus maju itu adalah I Nyoman Sudharma sebagai direktur utama yang didapuk sebagai The Best CEO  2021 ditingkatan Bank BPD.

Dalam kesempatan terpisah, Sudharma mengatakan bahwa penghargaan yang diterimanya ini tak lain adalah hasil kinerja semua insan BPD Bali yang telah sungguh-sungguh dalam bekerja. Militansi mereka tak diragukan lagi pada perusahaan.

Dengan mendapatkan penghargaan ini, ia berharap semua pegawai bisa termotivasi untuk menjadi yang lebih baik. Yang terpenting sama-sama mewujudkan perbankan yang sehat sesuai prinsip-prinsip Governance, Risk and Compliance (GRC).

“Mewakili keluarga besar Bank BPD Bali, mengucapkan terimakasih atas Awarding yang diberikan oleh BusinessNews Indonesia untuk Bank BPD Bali di bidang GRC. Semoga award ini memberikan motivasi bagi keluarga besar Bank BPD Bali untuk senantiasa mewujudkan Bank yang sehat,” ujarnya ketika menerima penghargaan via virtual tersebut di SKY Ballroom JHL Solitaire Gading Serpong, Kamis malam, (05/08/2021).

https://businessnews.co.id/grc-award/terapkan-governance-risk-and-compliance-sejumlah-perusahaan-bumn-bumd-dan-swasta-raih-penghargaan-grc-performance-exellence-award-2021/
BPD Bali Sabet 2 Penghargaan GRC & Performance Exellence Award 2021

Acara yang digelar dengan mengangkat tema “Role of GRC During Crisis, Recovery and Reinvention’’ itu BusinessNews Indonesia bekerjasama dengan OCEG – USA, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), Grajosa Resources, IICD (Indonesian Institute Corporate Directorship).

Sebelumnya, saat sesi penjurian (23/06), Sudharma mengatakan bahwa Bank BPD Bali telah sukses dengan berbagai transformasi dan inovasinya dalam menghadapi pandemi. Hal ini dikarenakan Bank BPD Bali memiliki strategi penting dalam menjalankan bisnisnya, yaitu strategi CINTA.

“BPD Bali telah menetapkan 4 (empat) nilai utama yaitu CINTA sebagai nilai-nilai perusahaan yang dijabarkan dalam 12 perilaku utama untuk mendukung pencapaian visi dan pelaksanaan misi yang telah ditetapkan”, katanya.

CINTA itu merupakan akronim dari Competent, Integrity, Team Work, Customer Awareness. Competent memiliki makna berupa; Berpikir Ilmiah, Terampil, Akurat dan Teliti. Integrity: Konsisten, Jujur dan Disiplin. Team Work: Loyal, Saling Menghargai dan Kesetaraan. Adapun Customer Awareness memiliki perpanjangan makna: Edukasi, Hubungan Baik dan Tanggap. “Mellaui ‘CINTA’ ini diharapkan mampu menciptakan iklim kerja yang kondusif, mendorong produktivitas serta mengoptimalkan kinerja PT. Bank Pembangunan Daerah Bali sehingga mampu mencapai visi dan misinya lebih cepat,” ujarnya.

Dari sisi digitalisasi, Bank yang memiliki visi menjadi bank yang kuat, berdaya saing tinggi, dan terkemuka dalam melayani UMKM serta berkontribusi bagi pertumbuhan perekonomian daerah ini mengembangkan perbagai transformasi, di antaranya telah menggunakan Quick Respon Code Indonesian Standard (QRIS) atau sistem pembayaran barcode-nya. Tujuannya, untuk meningkatkan daya saing dan mendapatkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Selain itu, bank yang didirikan pada tanggal 5 Juni 1962 ini juga memiliki ekosistem layanan bisnis berbasis digital di antaranya; Core System, Payment System, MIS System, dan Akuntansi.

Adapun Core System yang meliputi Bank BPD Bali ini yaitu I-Samsat: sistem administrasi terpadu yang melayani pengesahan STNK dan pembayaran PKB serta SWDKLLJ melalui transaksi elektronik, E-Ticketing Wisata: Solusi menggantikan fungsi tiket konvensional dengan smart card sebagai tiket elektronik nya, E-Retribusi Pasar: mempermudah melakukan pembayaran retribusi pasar menggunakan kartu elektronik, Samsat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), POS PHR, Donasi, dan Kontribusi Wisatawan.

Baca juga: Ikuti GRC Award 2021, Jamkrindo Komitmen Implementasikan Tata kelola Berbasis Risiko dengan Digitalisasi Sistem

Sedangkan Payment System meliputi; E-Samsat & Samsat VA, E-Retribusi, Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Online, E-Ticketing Wisata, Payment Pajak Daerah, IBB Daerah, Transfer for Payment, E-Channel Payment, QRIS Payment, Rekonsiliasi, dan Settlement.

Baca juga: PT BPD Bali: Bank Lokal yang Raih Dua Penghargaan Bergengsi di Ajang GRC & Performance Excellent Award 2020

Baca juga: Terapkan Governance, Risk and Compliance, Sejumlah Perusahaan BUMN, BUMD dan Swasta Raih Penghargaan GRC & Performance Exellence Award 2021

(ed.AS/businessnews.co.id).

Comments are closed.