Bank BRI Borong Lima Penghargaan GRC & Performance Exellence Award 2021

BusinessNews Indonesia –  PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil memborong  lima penghargaan GRC & Performance Exellence Award 2021 dari Majalah BusinessNews Indonesia Kamis (05/08). Penghargaan ini diberikan atas implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan manajemen kepatuhan di lingkungan Bank BRI.

Kelima penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2021 yang diterima oleh BRI pada perhelatan ini adalah The Best GRC Overall for Corporate Governance & Performance 2021 untuk kategori retail & micro banking, The Best Board of Commissioners in Banking Industries, The Best Chief Executive Officer (CEO) untuk Direktur Utama BRI Sunarso, The Best Chief Compliance Officer (CCO) untuk Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto dan The Best Chief Risk Management Officer (CRO) untuk Direktur Manajemen Risiko BRI, Agus Sudiarto.

Direktur Utama BRI, Sunarso yang hadir secara virtual pada saat penyerahan penghargaan tersebut mengungkapkan, penghargaan ini membuktikan komitmen BRI dalam menjunjung tinggi prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik yakni transparency, accountability, responsibility, independency dan fairness, dalam setiap aktivitas dan operasional bisnisnya.

“Perseroan akan terus menjaga dan meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik dan senantiasa menghadirkan layanan excellence bagi nasabah maupun masyarakat,” ujar Sunarso.

BRI berkomitmen tinggi untuk terus meningkatkan penerapan GCG dari top management, khususnya Dewan Komisaris dan Direksi. Pelaksanaan komitmen tersebut dilakukan dengan melaksanakan prinsip-prinsip GCG di setiap kegiatan usaha BRI, ditunjukkan dalam visi dan misi BRI, corporate values dan strategi kebijakan dalam keberlanjutan perusahaan.

Secara kesuluruhan penghargaan ini diberikan kepada 19 Perusahaan BUMN, 4 BUMD dan 5 Swasta. Acara ini digelar dengan mengangkat tema “Role of GRC During Crisis, Recovery and Reinvention’’ itu bekerjasama dengan OCEG – USA, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), Grajosa Resources, IICD (Indonesian Institute Corporate Directorship).

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2021 dalam prosese penjurian, memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan Governance, Risk and Compliance (GRC) dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia Internasional.

Dalam acara ini, Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN Nawal Nely juga menyampaikan keynote speech bahwa Core Values AKHLAK yang telah diluncurkan BUMN secara eksplisit mendukung praktik Governance Risk and Compliance (GRC) yang dicetuskan oleh Open Compliance and Ethic Group (OCEG) Amerika pada tahun 2003. GRC ini merupakan kemampuan kritis yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi sekaligus mengatasi ketidakpastian dan bertindak dengan sikap integritas.

“GRC is quite an important topic di Kementerian BUMN sekarang. Saya ingat pada tahun 2020 lalu Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan logo baru yang lebih modern serta meresmikan AKHLAK sebagai core values kementerian dan perusahaan. AKHLAK merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.” pungkasnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2021-08-06-at-16.44.35.jpeg

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2020 Irnanda Laksanawan menjelaskan, bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance) yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia tahun ketiga.

“Tujuan dari Award ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi,” ujar Irnanda ketika memberikan sambutan di acara tersebut yang dilaksanakan secara hybrid bertempat di SKY Ballroom JHL Solitaire Gading Serpong dan melalui virtual zoom.

Sebagai tambahan informasi, dalam acara ini turut hadir secara virtual Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN Nawal Nely, Komisaris Utama Pegadaian Loto Srinaita Ginting, Komisaris Utama Bank Mandiri M Chatib Basri, Direksi para pemenang, tamu undangan, dan peserta lainnya yang lebih dari 100 orang.

Adapun peserta yang hadir offline dibatasi hanya 30 persen dari kapasitas ruangan, yang tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Mulai dari melakukan antigen terlebih dahulu ke semua peserta yang hadir sampai menerapkan 5 M. (ZA)

Baca juga: Terapkan Governance, Risk and Compliance, Sejumlah Perusahaan BUMN, BUMD dan Swasta Raih Penghargaan GRC & Performance Exellence Award 2021

Subscribe

Related articles

Kepala BKF: Kinerja Ekspor Impor Indonesia Terus Membaik

BusinessNews Indonesia - Kinerja ekspor Indonesia pada Desember 2021...

Forum G20 Dorong Pemulihan Ekonomi Global dan Nasional

BusinessNews Indonesia –G20 atau Group of Twenty yang lahir...

Gubernur BI Lantik Pemimpin Baru Kantor Pusat dan Perwakilan BI

Jakarta, BusinessNews Indonesia- Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo,...

Aktor Nicholas Saputra: Produk Kopi di Indonesia Paling Exciting

BusinessNews Indonesia –Aktor Nicholas Saputra yang senang jalan-jalan ke...

Tingkatkan Keselamatan Transportasi, Transjakarta Gelar Donor Darah Bagi Karyawan

Jakarta, BusinessNews Indonesia- Aspek keselamatan digiatkan PT Transportasi Jakarta...