NCC 2024

Erick Thohir dan Sejumlah Tokoh Melantik Pengurus Harian IAPPI

BusinessNews Indonesia Menteri BUMN yang sekaligus menjadi Koordinator Presidium Ikatan Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia (IAPPI) Erick Thohir bersama sejumlah tokoh nasional lainnya melantik pengurus harian Ikatan Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia (IAPPI) periode 2023-2027.

“Dengan mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT, atas rahmatnya pada hari ini Kamis, 12 Oktober 2023, saya selaku Koordinator Presidium IAPPI dengan ini resmi melantik saudara-saudari sebagai pengurus harian (IAPPI) periode 2023-2027”, kata Erick di Smesco Convention Hall, Jakarta, pada Kamis (12/10/2023).

Anggota dewan presidium IAPPI lain yang turut hadir dalam pengukuhan koordinator presidium dan pengurus IAPPI yaitu Founder Narasi TV Najwa Syihab, Wali Kota Bogor Bima Arya, Rektor UII Yogyakarta Fathul Wahid, Rektor Brawijaya Malang Widodo, Dekan FT UI Heri Hermansyah, Wakil Direktur Pascasarjana UIKA Bogor Hendri Tanjung, Kepala LPMP Sulut Febry Dien, dan Wakil Rektor ITSI Medan Zulham Effendi.

Dalam sambutannya, Erick mengingatkan bahwa dunia saat ini menghadapi tekanan dan kondisi yang tidak mudah, terutama tingginya harga pangan dalam beberapa waktu terakhir, di tengah pembatasan ekspor di negara pemasok dan fenomena kekeringan El Nino.

“Dunia sedang mengalami tekanan tidak hanya di sisi ekonomi, tetapi juga di isu politik. Pertanyaannya, mau kemana kita sebagai bangsa Indonesia? Karena di sisi lain, kita bisa melihat ada tantangan, terutama adanya perkembangan digitalisasi. Apakah kita bisa tetap menjadi zona yang netral?” ungkap Erick.

Dalam sejarahnya, IAPPI sudah berdiri sejak tahun 1908 hingga sekarang, yang terus menjadi pendorong semangat para generasi muda untuk terus berjuang demi kemerdekaan dan Pembangunan nasional.

IAPPI selalu memberikan kontribusinya untuk bangsa Indonesia seperti dalam pembentukan pemerintahan, pengembangan pendidikan, memajukan SDM, pelestarian lingkungan, stabilitas keuangan negara serta penanganan pasca covid-19.

Koordinator Badan Persiapan dan Pelantikan Pengurus Pusat IAPPI, Faruq Ibnul menjelaskan bahwa IAPPI merupakan organisasi yang dibentuk oleh para alumni pelajar Indonesia di luar negeri untuk mewadahi dan memfasilitasi kontribusi alumni kepada negeri. IAPPI memiliki fokus utama untuk menghimpun potensi Alumni PPI baik yang berkarir di dalam dan di luar negeri, memberikan kontribusi dalam mengakselerasi Indonesia mengglobal, dan menyukseskan pengembangan human capital development Bangsa Indonesia.

“Saat ini diperkirakan ada lebih dari 1 juta alumni pelajar Indonesia dari beragam kampus luar negeri di seluruh dunia. Dengan jumlah alumni sebanyak itu, kami yakin dapat membangun sinergi dan solidaritas untuk berkontribusi bagi bangsa,” ujar Faruq.

Comments are closed.