NCC 2024

BNI Berkomitmen Terapkan Green Banking dengan Borong 40.000 Unit Karbon

Jakarta, Businessnews.co.id –  Setelah peresmian IDX Carbon pada 26 September 2023, sektor perbankan semakin aktif dalam menerapkan konsep green banking dengan terlibat dalam perdagangan bursa karbon. Salah satunya adalah PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) atau BNI, melalui anak perusahaannya PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas), yang telah membeli 40.000 unit karbon pada tahap awal sebagai wujud dukungan terhadap upaya pemerintah dalam mengurangi emisi nasional.

BNI telah melakukan pembelian unit karbon Indonesia Technology Based Solution (IDTBS) yang termasuk dalam sektor Energi, Limbah, dan Proses Industri dan Penggunaan Produk. Unit karbon ini dijual oleh Pertamina. Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar, berharap partisipasi BNI ini akan memperkuat perkembangan bursa karbon Indonesia.

BNI secara tegas mendukung target pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission pada tahun 2030, dengan tujuan mengurangi dampak negatif dari perubahan iklim.

Royke menyatakan bahwa langkah ini merupakan bagian dari upaya BNI dalam menerapkan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan. Sebagai pelopor green banking di Indonesia, BNI akan terus aktif bekerja sama dengan Kementerian BUMN untuk mempromosikan praktik-praktik ekonomi hijau di negara ini.

“Tentunya hal ini merupakan langkah lanjutan kami dalam implementasi keuangan berkelanjutan. Sebagai pionir green banking di Indonesia kami akan selalu proaktif bersama Kementerian BUMN untuk terus menyosialisasikan berbagai praktik green economy di Tanah Air,” katanya dalam siaran pers, Senin (2/10).

Royke juga mengungkapkan bahwa BNI telah melakukan perhitungan terhadap jumlah emisi karbon yang dihasilkan oleh kegiatan operasional perusahaan. BNI juga berkomitmen untuk mendorong pelaku bisnis dalam menerapkan praktik ekonomi hijau melalui penyediaan pembiayaan berkelanjutan.

“Portofolio pembiayaan hijau BNI telah mencapai Rp57 triliun pada semester pertama 2023, dan ditargetkan mampu mencapai Rp62,9 triliun hingga akhir tahun ini, dan tentunya terus kami tingkatkan ke depannya,” ucap Royke.

Comments are closed.