NCC 2024

Pegadaian Pamer 4 Pilar Transformasi Digital di FORDIGI Summit 2023

JAKARTA, businessnews.co.id – Dalam rangka  upaya transfomasi digital di tubuh perusahaan, PT Pegadaian mengungkapkan terdapat beberapa aspek yang saat ini menjadi fokus perusahaan. Aspek-aspek tersebut tergabung dalam empat pilar transformasi digital yang ditetapkan manajemen.

Hal tersebut seperti yang disampaikan EVP Strategic, Architecture, and Planning PT Pegadaian, Supriyanto dalam kesempatan di FORDIGI (Forum Digital Indonsia) Summit 2023 pada Rabu (27/9) di Jakarta.

“Dalam bertransfomasi, kami membuat empat fokus. Yaitu governance & agile, customer experince & expension, disruption & digitalization, dan innovation & exploration,” terang Supriyatno dalam paparannya.

Pada aspek pertama, Supriyanto menjelaskan bahwa perusahaan melakukan pendekatan tata kelola yang adaptif dan kolaboratif. Pegadaian juga berupaya membangun mindset yang berfokus pada kebutuhan pelanggan. Adopsi cara kerja dan tata kelola ini juga menjadi dasar untuk meningkatkan efisiensi operasional dan responsivitas terhadap kebutuhan pasar oleh Pegadaian.

Untuk aspek digital transformasi yang kedua, Supriyanto menyebut bahwa Pegadaian saat ini fokus pada peningkatan pengalaman pelanggan dengan mengadaptasi dan meregenerasi basis pelanggan sesuai dengan pergeseran kebutuhan pasar. “Kita harus geser ke customer yang milenial,” tegasnya.

Fokus selanjutnya yakni disruption & digitalization, mencakup proses digitalisasi produk dan proses bisnis untuk mengikuti perkembangan teknologi dan menghadirkan solusi yang lebih modern dan efektif bagi para pelanggan.

“Selanjutnya bagaimana mendigitalisai proses bisnis di internal perusahaan. Bagiamana Pegadaian mengeksplor produk baru yang relevan, didukung oleh teknologi dan infrastruktur teknologi yang mumpuni,” ungkapnya.

Di internal perusahaan, lanjut Supriyatno, Pegadaian saat ini telah memiliki sejumlah sistem berbasis automation. Misalnya, dengan adanya platfom e-fom untuk customer baru, hingga inventory management system yang didukung oleh teknologi big data.

Pada aspek terakhir yang menjadi fokus Pegadaian yakni innovation & exploration, perusahaan berkomitmen untuk mengembangkan produk-produk baru serta mengeksplorasi sumber pendapatan alternatif. Pegadaian meyakini bahwa inovasi menjadi salah satu pilar kunci dalam mempertahankan daya saing di era digital.

Di sisi lain, sebagai langkah untuk mendorong upaya digitalisasi melalui keempat aspek di atas, Supriyanto mengungkapkan bahwa Pegadaian juga kerap menyelenggarakan berbagai aktivitas internal yang dapat mengaktivasi tujuan tersebut.

“Kami menjalankan activity internal, misalnya Pegadaian Innovation Award, yang bertujuan untuk mengakomodir inovasi Pegadaian. Setiap tahun kami mengumpulkan inisiatif dari seluruh karyawan Pegadaian, kemudian diseleksi bertingkat mulai dari masing-masing direktorat, kanwil, area dan tingkat nasional,” tandas Supriyanto.

Comments are closed.