NCC 2024

Jamkrindo Syariah Terus Bertumbuh Lewat Penerapan GRC yang Baik

Jakarta, Businessnews.co.idSebagai perusahaan yang memiliki aktifitas bisnis penjaminan atas pembiayaan berdasarkan prinsip syariah, penjaminan distribusi, surety bond, kontra bank garansi, dan custom bond, PT Jamkrido Syariah atau JamSyar terus bertumbuh hingga saat ini. Hal ini tidak terlepas dari sisi tata kelola (good governance), manajemen risiko (risk management), dan kepatuhan (compliance) atau GRC yang berjalan baik di dalam perusahaan.

“Kami ingin mewujudkan visi perusahaan, yaitu ‘menjadi perusahaan penjaminan syariah terpercaya dan terdepan dalam pertumbuhan bisnis di Indonesia’,” ujar Kepala Bagian Manajemen Risiko & Renstra Jamkrindo Syariah Wahyu Priyo Cahyono dalam penjurian GRC Award 2023 yang diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia secara online pada Jumat (11/8/2023).

Hingga saat ini, JamSyar berhasil mencatatkan kinerja yang mumpuni. Baik total asset, total ekuitas, laba, rasio liquiditas, dan lainnya berhasil tumbuh positif. Dan hasil positif ini tentu saja hasil dari penerapan GRC yang baik.

“Dalam implementasi Good Corporate Governance (GCG), penilaian secara mandiri atas penerapan tata kelola yang baik yang dilakukan pada tahun 2023 atas pelaksanaan GCG tahun 2022 adalah sebesar 87,01 dengan predikat ‘Sangat Baik’, tentu ini dilakukan dengan dasar-dasar penerapan tata kelola yang baik dari JamSyar,” ujar Wahyu.

Jamkrindo Syariah dalam penjurian GRC Award 2023.
Jamkrindo Syariah dalam penjurian GRC Award 2023.

Wahyu melanjutkan, untuk manajemen risiko, JamSyar menggunakan prinsip Three Lines of Defences. Dimana untuk first line yaitu unit kerja yang terdiri dari seluruh Divisi dan Cabang Jamkrindo Syariah, untuk second line yaitu Divisi yang membidangi manajemen risiko, dan untuk third line yaitu Auditor Internal dan Auditor Eksternal.

“Risk Maturity Level JamSyar pada tahun 2022 adalah 3,72 yaitu pada Level IV atau Managed berdasarkan penilaian dari konsultan,” kata Wahyu.

Untuk manajemen kepatuhan, JamSyar memiliki strategi seperti peningkatan produksi, penetrasi, pengembangan pasar dimana kegiatannya ialah membuat tarif penjaminan dan peran kepatuhannya yaitu mereview tarif berdasarkan ketentuan POJK. Lalu ada strategi pengembangan produk dimana kegiatannya ialah review T&C produk dan peran kepatuhannya yaitu mereview konsep T&C produk berdasarkan POJK dan peraturan perundang-undangan.

“Lalu strategi IT dimana kegiatannya melakukan pengembangan website perusahaan, aplikasi penjaminan dan aplikasi supporting dan peran kepatuhannya yaitu mereview konten website dan aplikasi sesuai POJK, dan beberapa strategi lainnya dengan peran kepatuhan didalamnya,” ujar Wahyu.

Wahyu menyebut jika dukungan Direksi, Komisaris, dan Sekretaris Perusahan juga sangat besar dalam penerapan GRC tersebut. Hal ini ditandai dengan keberhasilan Jamkrindo Syariah mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi dibilang GRC.

“Seperti di tahun 2022, kami berhasil mendapatkan penghargaan dari GRC and Performance Excellence Award dari Businessnews Indonesia di kategori ‘The Best Chief Financial Officer’ dan ‘Best GRC for Corporate Governance 2022’ dan juga berbagai penghargaan lain di bidang GRC,” kata Wahyu.

Sebagai informasi, GRC & Performance Excellence Award ini adalah kegiatan corporate rating (award) tahunan, di bidang Tata kelola perusahaan (GCG), Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan. Tujuan dari Award ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi.

Kegiatan ini juga didukung oleh para pakar dan profesional bidang GCCS, Strategic Management, Finance Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi konsultan GCG, Manajemen Risiko, Manajemen Kepatuhan, maupun berbagai perguruan tinggi dan yang lainnya, kesemuanya tergabung sebagai Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2023.

Dewan juri yang hadir dan menilai pada kesempatan ini ialah Ir. Irnanda Laksanawan MSc. Eng (MBM) PhD., Dr. Eddy Iskandar, BSC, MSc Eng., Alan Yazid, BB, MBA, Wira Perdana, BSc, MSc. dan Angreni Puspitasari SE, MBA, LUTCF, AAAIJ, AIIS,CRP, QIP,CGP, CIAP.

Comments are closed.