NCC 2024

Siap Menjadi E-government Pertama, Kementerian BUMN Luncurkan FORDIGI!

BusinessNews Indonesia – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menargetkan penerapan sistem pemerintahan elektronik (e-government) tahun ini dan menjadi kementerian pertama yang menerapkannya.

“Tahun ini kita harus menjadi kementerian pertama yang e-government. Kita harus tunjukkan, apalagi kita sangat lean,” ungkap Menteri BUMN, Erick Thohir dalam acara Peringatan HUT ke-24 Kementerian BUMN secara daring di Jakarta pada Rabu (13/4).

Erick Thohir mengakui jika saat ini kementerian BUMN masih memiliki sejumlah keterbatasan dari berbagai segi.

Namun hal tersebut tidak boleh menyurutkan semangat proaktif para jajaran karyawan dan pejabat untuk menjadikan Kementerian BUMN menjadi e-government pertama.

“Saya menerima kedatangan salah satu perusahaan besar software dunia, di mana sekarang yang namanya ekosistem software ini menjadi perubahan yang makin efisien,” lanjutnya.

Baca Juga : Erick Thohir Dorong BUMN Tingkatkan Kapabilitas UMKM

Menurut Erick Thohir, salah satu kunci untuk mewujudkan e-government adalah melalui percepatan digitalisasi dan penerapan nilai inti AKHLAK, yang merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Nilai inti Aklhak tersebut bahkan telah diterapkan juga oleh instansi lain dalam mengembangkan organisasinya, yang menunjukkan Langkah yang telah dilakukan selama ini sudah tepat.

“Alhamdulillah Kementerian BUMN ini sudah menjadi banyak contoh, bayangkan saja nilai inti BUMN yakni AKHLAK sekarang dipakai oleh berbagai kementerian, bahkan BAZNAS pun memakai AKHLAK sebagai nilai intinya,” ucapnya.

Dia optimistis target e-government bisa tercapai jika seluruh jajarannya terus melakukan lompatan dan mendorong Kementerian BUMN menjadi Kementerian yang terdepan dalam bertransformasi.

Baca Juga : Dukung UMKM Tembus Pasar Ekspor, BRI Jalin Kerja Sama Bersama LPEI

“Kita justru jangan menjadi kementerian yang berat badan. Ini yang saya harapkan pada tahun ini kenapa e-government harus tercapai di Kementerian BUMN, dan saya yakin kita bisa,” tegasnya.

Selain itu, salah satu langkah untuk mencapi e-government kementerian BUMN meluncurkan Forum Digital Indonesia (Fordigi) dan Program Talenta Digital BUMN yang diketuai oleh Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, M Fajrin Rasyid .

Peluncuran Forum Digital Indonesia (Fordigi) dan Program Talenta Digital BUMN

“Kita harus benar-benar merubah daripada pola pikir kita dan tentu bagaimana kapabilitas kita terutama di digital. Dari data awal kita baru punya 1% digital Talent, padahal minimal 20%,” ungkap Erick dalam acara peluncuran Forum Digital Indonesia (Fordigi) dan Program Talenta Digital BUMN, Kamis (14/4).

“Untuk itu tugas FORDIGI ini sangat berat. Saya pastikan transformasi digital ini bisa berjalan. Saya yakin kita bisa melakukannya,” lanjut Erick.

 

Comments are closed.