NCC 2024

Gerak Cepat! Kominfo Siapkan Internet Satelit di Posko Erupsi Semeru

BusinessNews Indonesia –Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Badan Layanan Umum (BLU) Bakti Kominfo menyiapkan Very Small Aperture Terminal (VSAT) untuk sejumlah posko bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Perangkat penerima sinyal ini digunakan untuk menghasilkan akses internet wi-fi yang dapat secara langsung dihubungkan satelit di daerah terdampak bencana yang tak terjangkau sinyal telekomunikasi.

“Kominfo, melalui BLU Bakti, langsung bergerak cepat menyediakan VSAT (pasca terjadi bencana), khusus untuk memberi dukungan ke posko-posko bencana untuk layanan bagi masyarakat terdampak,” ucap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (7/12).

Baca Juga : Melalui Digitalisasi, Kominfo Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Johnny berharap hal ini dapat membantu penanganan bencana. Upaya ini diharapkan dapat memberikan ketenangan bagi masyarakat terdampak, khususnya dari sisi layanan telekomunikasi yang terganggu akibat erupsi gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut.

“Masalah bencana di Indonesia bukan hal baru sering terjadi, karena itu dari sisi telekomunikasi, operator seluler, operator jaringan tulang punggung (backbone) kabel optik, dan Bakti Kominfo sudah tahu apa yang harus dilakukan,” ujar Johnny.

Selain itu, pihaknya juga telah memetakan dua kendala telekomunikasi di Kabupaten Lumajang akibat dampak letusan Gunung Semeru. Pertama, layanan Base Tranceiver Station (BTS) yang mati akibat terputus sambungan listrik. Namun, kini PLN telah melakukan pemulihan.

“Ini disebabkan oleh sambungan listrik yang putus karena PLN bermasalah di sana, sehingga kita perlu siapkan genset standby di sana,” ucapnya.

Kendala kedua, putusnya kabel-kabel fiber optik milik PT Telkom dan XL Axiata yang digunakan untuk layanan data dalam jumlah besar. Telkom sudah mencari alternatif jalur transmisi data melalui kabel optik di wilayah aman.

“Demikian juga XL Axiata yang melakukan mitigasi dan jalan keluar, karena jembatan yang putus (akibat erupsi Gunung Semeru) menyebabkan kabel (fiber optik) putus juga,” tambahnya.

Disamping itu, Jhony menyampaikan duka cita mendalam atas banyaknya korban jiwa yang berjatuhan akibat erupsi gunung semeru. Kemudian, ia juga mengapresiasi partisipasi masyarakat yang turut bergerak cepat membantu warga terdampak dengan langsung memberikan bantuan baik berupa materil maupun tenaga.(TN)

Baca Juga : Jokowi Bergegas Kunjungi Lokasi Pengungsian Erupsi Semeru

Comments are closed.