Transformasikan Human Capital, Ini Langkah PT Aneka Gas Industri

JakartaBusinessnews.co.id – PT Aneka Gas Industri Tbk atau Samator Group adalah perusahaan gas industri terkemuka dengan jaringan terbesar dan terluas di Indonesia yang mengoperasikan 54 pabrik dan lebih dari 106 filling stations yang tersebar di 28 provinsi di Indonesia.

Dengan visi menjadi “Perusahaan Yang Paling Diidamkan, Terus Bertumbuh Dan Berkembang Dengan Mendayagunakan Sumber Daya Alam Yang Memberikan Manfaat Bagi Kehidupan”, PT Aneka Gas Industri memiliki 3 (tiga) pilar transformasi.

“3 pilar transformasi kami yaitu Market Development, Process Improvement, dan Human Capital Development,” kata Human Capital Data Analytic & Efficiency Samator, Yonatan Limpo dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2022 yang dilakukan secara online, Rabu (16/11/2022).

PT Aneka Gas Industri dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2022.
PT Aneka Gas Industri dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2022.

Untuk transformasi human capital, Samator mentransformasikan human capital lewat Market Development, Process Improvement, dan Human Capital Development.

“Untuk Market Development melalui komunikasi eksternal untuk mengembangan potensi market, untuk Process Improvement melalui prinsip paperless, dan time efficiency, dan untuk Human Capital Development melalui training, assessment, dan EVP,” kata Yonatan.

Yonatan mengatakan, untuk human capital digital platform, Samator menggunakan 3 platform besar yang dimiliki.

“Yang pertama, untuk Operational Platform, jadi yang dahulu kami masih paperbase untuk pengajuan cuti, izin, dan termasuk juga data karyawan, itu kami digitalkan menggunakan platform HC Tracker, ini website yang kita bangun dari awal untuk operasional human capital,” kata Yonatan.

Yonatan melanjutkan, untuk yang kedua ada Human Capital Monitoring Dashboard yang digunakan untuk mengecek progress dan monitoring untuk mendukung bisnis di Samator Group.

“Dan yang ketiga ada Internal Website yang dikhususkan untuk engagement pada internal Samator Group, jadi setiap berita mengenai Samator kami posting disini, ini menjadi salah satu cara menangkal hoaks yang beredar di para pekerja,” kata Yonatan.

Sebagai informasi, Human Capital & Performance Award 2022 diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Human Capital Institute – USA, serta para pakar dan profesional bidang Human Capital, Strategic Management, ICT, Riset & Inovasi konsultan HC dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Pertamina dan lainnya.

Ajang yang bertajuk “Human Capital Digital Transformation for Corporate Excellence” ini bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan untuk mengembangkan transformasi human capital diintegrasikan dengan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta BUMN yang unggul, profesional dan berkualitas global.

Turut hadir selaku dewan juri Human Capital & Performance Award 2022 diantaranya Ir. Irnanda Laksanawan, MSc.Eng(MBM), PhD, Assoc.Prof Ir. Haryono Soeparno, MSc, PhD, Dr. Dayu Padmara Rengganis, SH, MH, RR. Lieke Roosdianti Pangkey, M.Si, dan F. Harry Sampurno, PhD.

Comments are closed.