Polisi Izinkan Stadion GBLA Digunakan Untuk Pertandingan Liga 1

Jakarta, Businessnews.co.idPolda Jawa Barat mengizinkan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) digunakan untuk pelaksanaan pertandingan Liga 1 yang akan dimulai 30 Juli 2022 mendatang.

Namun, dengan kondisi Kota Bandung yang masih berada pada PPKM level satu, maka kapasitas dibatasi 75 persen. Total kursi di Stadion GBLA mencapai 38 ribu dan yang dapat digunakan hanya 29 ribu.

“Sehingga kami menyesuaikan 75 persen dari kapasitas sepenuhnya. Sehingga bisa menampung 29 ribu,” kata Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo seperti dilansir Antara, Selasa (19/7/2022).

Ibrahim mengatakan, izin itu diberikan berdasarkan hasil koordinasi bersama berbagai pihak, termasuk manajemen Persib Bandung.

“Beberapa poin di antaranya dilaksanakan di Stadion GBLA. Penggunaan GBLA disesuaikan dengan rekomendasi dari PUPR,” kata Ibrahim.

Selanjutnya, ia mengatakan, polisi bakal melakukan pengamanan saat pertandingan Persib sesuai dengan perkiraan ancaman situasi guna menghindari jatuhnya korban sebagaimana pada pertandingan Persib sebelumnya di Stadion GBLA.

Selain itu, menurutnya edukasi terkait regulasi pun bakal disampaikan kepada masyarakat atau suporter Persib agar tidak terjadi penumpukan antrean ketika masuk ke pintu stadion saat liga dimulai nantiya.

Ibrahim mengatakan, pihaknya akan mengarahkan penonton yang tidak memiliki tiket untuk pergi dari stadion agar tidak terjadi penumpukan. Selain itu, tidak akan disediakan layar di luar stadion untuk meminimalisasi kerumunan.

“Kita juga ada tanggung jawab menyelesaikan pertandingan tanpa ada masalah,” ujar Ibrahim.

Baca juga: RANS Cilegon Berubah Nama Jadi RANS Nusantara FC, Ini Tujuannya…

Comments are closed.