Zaganosh Dressage dan Show Jumping championship 2019 Digelar

BusinessNews Indonesia – PT Jakarta Propertindo (PT Jakpro) melalui anak perusahaannya, PT Pulomas Jaya Bekerja sama dengan Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi), akan banyak menggelar even berkuda nasional dan internasional.

Selain dapat melahirkan bibit unggul atlet berkuda yang dapat bertanding di kancah internasional, juga dapat membantu pemeliharaan dan perawatan Stadion berkuda yang baru dibangun untuk Asian Games 2018.

Seperti yang dilakukan Pordasi dan Zaganosh Equine Centre bersama PT Pulomas Jaya menggelar Zaganosh Dressage dan Show Jumping championship 2019 Digelar Equestrian Park Pulomas, Jakarta. Kejuaraan tingkat nasional yang digelar 28 Februari hingga 3 Maret itu mempertandingkan disiplin dressage (tunggang serasi) dan show jumping (lompat rintangan).

Ketua Panitia Penyelenggara Event Zaganosh, Hartanto mengatakan even yang dilaksanakan untuk kelas pemula hingga profesional  ini, termasuk salah satu pembinaan kepada atlet muda. Event ini diikuti 38 klub, 175 kuda dan 180 atlet dari seluruh Indonesia.

“Para atlit bisa merasakan bermain atau bertanding di venue berstandar internasional, karena selama ini hanya bisa melihat. tetapi sekarang bisa merasakan dan partisipasi,” kata Hartanto di Equistrian Park Pulomas, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu (3/3).

Ketua Umum PP Pordasi, Eddy Saddak mengungkapkan, kejuaraan Zaganosh merupakan event kedua setelah Asian Games yang digelar di Equestrian Park Pulomas. Kedepan, pihaknya bersama PT Pulo Mas akan menggelar banyak program untuk menghadirkan event Nasional maupun Internasional.

“Kami canangkan tahun 2019, hampir setiap bulan akan digelar kejuaraan berkuda di Equistrian Park.  Ini untuk menjaga ritme pembinaan,” kata Eddy.

Menurutnya, keberadaan Equistrian Park merupakan angin segar bagi para atlet cabang olahraga berkuda. Karena, akhirnya mereka mempunyai tempat latihan yang berstandar internasional. Bahkan, Pordasi merencanakan akan membuka kantor sekreariat di venue tersebut.

“Para atlet muda, pemula bisa melakukan pelatihan di venue yang diakui dunia. Para atlet profesional juga bisa berlatih disini, karena fasilitas lengkap. Kami siap melaksanakan banyak kegiatan kejuaraan agar seluruh fasilitas di venue ini dapat dinikmati banyak orang,” ujarnya.

Sementara itu, Dirut PT Pulo Mas Jaya, Yudha Ketaren menuturkan, pihaknya akan berkerjasama dengan Pordasi untuk menghadirkan event nasional dan internasional. “Jadi semua event harus diendorse Federation Equestrian International (FEI) dan Indonesia melalui Pordasi,” kata Yudha.

Sedangkan, Dirut PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengatakan, Dwi Wahyu Daryoto mendukung sepenuhnya rencana PT Pulomas Jaya bersama Pordasi untuk banyak menggelar event nasional dan internasional disepanjang tahun 2019 di Equestrian Park Pulomas.

Agar pemanfaatan Equistrian Park Pulomas dapat berjalan dengan baik, PT Jakpro sedang melakukan tender untuk pemeliharaan dan pengelolaan venue tersebut. Salah satu syarat mengikuti tender adalah, peserta tender wajib mengadakan even lomba berkuda internasional sebanyak tiga kali dalam setahun.

“Itu sudah menjadi syaratnya. Mereka harus bisa mendatangkan atau menggelar kegiatan kejuaraan internasional minimal tiga kali dalam setahun di venue ini. Selain itu, mereka juga harus mampu menghasilkan profit dari pemeliharaan dan pengelolaan Equistrian,” terangnya. (red/ju)

Comments are closed.