Transjakarta Raih Penghargaan GRC 2020 & Performance Excellence Awards

BusinessNews Indonesia –Transjakarta menjadi satu-satunya perusahaan murni milik daerah (BUMD) yang meraih penghargaan bergengsi Governance, Risk and Compliance (GRC) & Performance Excellence Award 2020. Penghargaan yang diberikan pada Rabu (29/7) di Auditorium TVRI ini diberikan kepada Transjakarta atas upayanya menerapkan tata kelola perusahaan yang baik dengan mengintegrasikan unsur resiko dan kepatuhan dalam pengoperasianya.

Tidak tanggung-tanggung, Transjakarta juga membawa pulang predikat The Best GRC for Corporate Performance In Operations & Digital Transformation 2020 pada ajang kompetisi yang di ikuti oleh 400 perusahaan swasta dan BUMN di Indonesia. “BUMD rasa BUMN” adalah predikat yang diberikan dewan juri kepada Transjakarta pada saat akhir penilaian terhadap berbagai upaya tata kelola dan manajemen resiko yang dilakukan oleh Transjakarta.

Sejak diubah statusnya menjadi badan usaha perseroan oleh Joko Widodo (Jokowi) yang menjabat sebagai Gubenur DKI Jakarta pada tahun 2014, pembenahan terus dilakukan di dalam tubuh Transjakarta agar dapat beroperasi dengan baik dan berkelanjutan dalam melayani kebutuhan warga DKI akan transportasi tentunya dengan standar pelayanan yang sama seperti negara-negara maju lainya.

“Keseriusan Transjakarta dalam perbaikan tata kelola ini tidak main-main. Percepatan pembenahan dilakukan secara agresif mulai tahun 2018 – 2019. Transjakarta memiliki perangkat pengendali internal, perangkat pengelolaan risiko, perangkat perencanaan dan strategi korporasi, perangkat pengawasan internal dan perangkat corporate secretary sebagai landasan tata kelola yang kuat. Berbagai perangkat ini bersinergi dengan baik kedalam sistim operasional Transjakarta hingga mampu mencatatkan peningkatan signifikan dalam berbagai kegiatan operasionalnya,” ujar Nadia Diposanjoyo, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/07/2020).

Ajang penghargaan ini digelar oleh Majalah BusinessNews Indonesia dan bekerjasama dengan CEO Forum serta didukung oleh pakar profesional di bidang GCG. Penilaian GRC adalah penilaian system governance, risk dan compliance menggunakan standar internasional. Ini artinya pemenang daripada kompetisi ini telah menjalankan berbagai unsur kepatuhan, tata kelola dan manajemen resiko menggunakan standar yang tidak main main. Dalam hal GRC, Transjakarta kini dapat disandingkan dengan perusahaan BUMN dengan tata kelola GRC terbaik lain seperti PT Jasa Marga (Persero), Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, dan PT Pelabuhan Indonesia II.

“Penghargaan ini sangat disyukuri oleh seluruh insan Transjakarta dan menjadi pemicu untuk terus memberikan layanan yang lebih baik bagi warga DKI hingga Jabodetabek dan tentunya menjadikan GRC sebagai gen DNA yang terpatri dalam setiap hembusan nafas operasional Transjakarta,” kata Nadia.

Perjalanan panjang yang sudah dilalui Transjakarta dalam upayanya melayani warga DKI untuk berpindah dari satu titik ke titik lainya dengan transportasi massal terintegrasi tak luput dari bimbingan Gubernur DKI terdahulu dan berbagai unsur dinas dari Provinsi DKI yang berkomitmen untuk menata Jakarta sebagai kota yang maju dan berketahanan. Di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan perjalanan Transjakarta terus dimutakhirkan hingga meraih berbagai penghargaan bergengsi di kelas nasional maupun Internasional pada tahun 2019 – 2020 ini.

Akhir 2019, Transjakarta mengoperasikan 274 rute, berkolaborasi dengan 18 operator bus dan koperasi bus kecil untuk memberikan layanan first mile last mile terintegrasi, menjangkau 85% wilayah DKI. Bersamaan dengan hal tersebut, Penghargaan Sustainable Transport Award diraih Transjakarta pada tahun 2019 disusul dengan penghargaan Tom Tom Traffc Index penurunan kemacetan di DKI, disematkan sebagai pemilik Wow Brand dan Better Brand serta penghargaan Revolusi Mental 2019 oleh Presiden Republik Indonesia.

Awal tahun 2020, Transjakarta kembali dinobatkan sebagai pemilik Wow Brand, meraih Top Digital Innovation Award, dan Rail, Infrastructure & Digital Mobility Business Award (Rimbda) untuk Bus Rapid Transit dan menyabet GRC Award 2020. (ed.AS/businessnews.co.id/rilis)

Comments are closed.