PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung Sabet Penghargaan The Best GRC for Corporate Governance

BusinessNews Indonesia – PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) berhasil meraih penghargaan sebagai The Best GRC for Corporate Governance 2020 di bidang Industrial  Services. Penghargaan ini didapatkan karena JIEP dinilai mampu menata kelola perusahaan dengan baik.

Penghargaan yang juga diikuti oleh sebanyak 23 Perusahaan BUMN, 2 BUMD dan 3 Swasta ini, diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia bekerjasama dengan CEO Forum, PT. Grajosa, Inofin, Digital Transformation, dan didukung secara resmi oleh OCEG (Open Compliance and Ethic Group) – USA yang bertempat di Auditorium TVRI, Jakarta (29/07/2020).

GRC & Performance Excellent Award 2020 ini diikuti oleh sekitar 400 perusahaan BUMN, BUMD, dan Swasta yang menjadi nominasi. Dewan juri bersama tim penyelanggara telah menyaring, menyeleksi, mengevaluasi kinerja maupun GRC dari perusahaan-perusahaan tersebut, dan hanya sekitar 40 perusahaan yang memenuhi syarat, yang diundang untuk memberikan presentasi maupun wawancaranya. Hasilnya 28 perusahaa BUMN, BUMD maupun Swasta yang terpilih oleh dewan juri sebagai pemenang.

Dari proses penjurian hingga peerimaan penghargaan, Corporate Secretary JIEP Puri Purwati turut mengapresiasi acara ini dan semakin optimis untuk membawa JIEO terintegrasi dan bertaraf internasional.

“Visi JIEP ini ingin menjadi pengembang kawasan modern terintegrasi yang bertaraf internasional dan berwawasan lingkungan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Irnanda menjelaskan bahwa Pemenang GRC Award 2020 ini didasarkan pada penilaian atas jawaban, apakah perusahaan itu memiliki komitmen tinggi dalam mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG)atau tidak. Serta apakah mampu menangani mitigasi risiko di perusahaan masing-masing.

“Kalau dari sisi Kementerian BUMN, sudah meluncurkan budaya kerja “Akhlak (Amanah, Kompetensi, Haromins, Loyalitas, Adaptif dan Kolaboratif)” untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga data memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada publik maupun rakyat pada umumnya. Ternyata budaya itu diteladani dengan baik oleh perusahaan-perusahaan di bawah naungan BUMN, BUMD, bahkan Perusahaan Swastapun mengikuti”, tegas Irnanda.

Senada dengan itu, Chairman Board of Jury Dewi Hanggraeni menjelaskan, bawha acara GRC & Performance Excellence Award 2020 di era covid-19 ini merupakan momen yang tepat untuk kembali berkaca, me-mapping risiko-risiko, melakukan pembenahan, dan refocusing strategic objective perusahaan.

“Manfaat dari penerapan GRC tidak diragukan lagi, antara lain dapat sebagai dashboard pencapaian tujuan, meningkatkan budaya sadar risiko, meningkatkan confidence level, mengurangi potensi kerugian, lebih efisien, efektif, meningkatkan daya saing, dan mengoptimalkan nilai perusahaan”, pungkasnya. ZA.

Comments are closed.