Mendag Ungkap Produk Indonesia yang Mampu Memenangi Pasar Dunia

BusinessNews Indonesia – Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengungkapkan ada 10 produk yang mampu memenangi pasar dunia.

beberapa produk itu di antaranya yaitu minyak kelapa sawit, sarang burung walet, dan cengkeh.

Minyak kelapa sawit Indonesia atau crude palm oil (CPO) beserta produk turunannya merupakan supplier CPO terbesar di dunia dengan nilai ekspor US$ 14,7 miliar pada tahun 2019 dan menguasai pangsa pasar dunia hingga 53%.

Sementara sarang burung walet memiliki pangsa pasar bagus di China, Hongkong dan Singapura.

“Sarang burung walet merupakan produk seller market yang memiliki pangsa sebesar 47,8% dengan nilaiUS$ 364,3 juta. Dari total ekspor yang sebesar US$ 762,8 juta pada tahun 2019 negara tujuan ekspor utama yang masih terkonsentrasi pada China sebesar 60, 1%, Hongkong 23,7% dan Singapura 8,5%,” ungkap Agus dalamwebinar Forum Perdagangan untuk Indonesia yang diselenggarakan Kadin, Rabu (22/7/2020). 

Produk selanjutnya ialah cengkeh. Rempah ini merupakan salah satu rempah yang sangat diminati berbagai negara guna bahan baku obat herbal,bumbu masakan, olahan kuliner, industri rokok, dan sebagainya.

“Cengkeh yang menguasai pangsa pasar 36,1% di dunia dengan nilai US$ 111,5 juta dari total ekspor dunia sebesar US$ 309,2 juta pada tahun 2019. Negara tujuan ekspornya sebagian ke India 31,3%, Arab Saudi 11%, dan Uni Eropa (UE) 7,7%,” urai mantan ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) ini.

Selain itu, oleochemical atau bahan kimia dari lemak yang biasa diolah untuk sabun, minyak goreng, dan mentega hingga 31,9%, lalu nikel menguasai pangsa pasar dunia hingga 28%, timah 24,7%, tisu 18,9%, margarin 13%, cocoa butter 12,9%, dan flooring dari kayu hingga 12,7%. (ed.ZA/businessnews.co.id/detik/kemendag).

Comments are closed.